Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah SPLDV Ditinjau dari Brain Dominance

Arin Safitri, Sardulo Gembong, Wasilatul Murtafiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa SMK dalam memecahkan masalah SPLDV ditinjau dari brain dominance . Penentuan berdasarkan subjek brain dominance siswa kelas X SMK Cendekia Madiun. Berdasarkan dominansi otak angket yang dibagikan diperoleh 2 subjek yang terdiri dari 1 subjek dominasi otak kiri dan 1 subjek dominasi otak kanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil angket, tes, dan wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengungkit data serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan dominasi otak kiri cenderung baik dalam memecahkan masalah sistem persamaan dua variabel.(2) Kemampuan berpikir siswa dengan dominasi otak kanan kurang baik dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel.


Keywords


Kemampuan berpikir kritis; pemecahan masalah;brain dominance

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. H. (2013). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Berpikir Kritis Matematik, 8, 274–282.

Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7.

Anjani, R. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel yang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. 05(0), 2746–2755.

As’ari, A. R. (2017). Buku Guru Matematika. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chomaria, N. (2018). Who Am I (Gali Potensi Tuk Raih Prestasi). PT Elex Media Komputindo.

Dwi, P., & Putra, A. (2015). Pengembangan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. XIX, 45–48.

Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2014). Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–21. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/584/498

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, Knpmp I, 580–590.

Hidayah, S. R., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2016). Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas VII F Mts. Al-Qodiri 1 Jember dalam Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Segitiga dan Segi Empat ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Edukasi, 3(3), 21. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.3517

Jufri, W. (n.d.). Belajar dan Pembelajaran Sains. 176.

Maulidyah, P. N., & Yohanes, R. S. (2015). Pengaruh Penggunaan Mind Map terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Dominasi Otak Kiri dan Otak Kanan. Educatio Vitae, 2(1), 135–153.

Niswani, & Asdar. (2016). The Effectiveness Of Brain Based Learning Model Using. 4(3), 349–365.

Novita Sari, H. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 3 Kediri Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Dominasi Otak 2017. Simki-Techsain, 01(01).

Oflaz, M. (2011). The Effect of Right and Left Brain Dominance in Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1507–1513. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.320

Saputra, H. (2020). “ Kemampuan Berfikir Kritis Matematis .” April, 1–7.

Shodiqin, A., Sukestiyarno, S., Wardono, W., Isnarto, I., & Utomo, P. W. U. P. W. (2020). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuanan Wolfram Mathematica. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 809–820. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/672

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa Smp. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533

Sukmaangara, B., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Struktur Berpikir Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Berdasarkan Dominasi Otak. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 3, 89–95.

Sularningsih, S., Battijanan, A., & AdiWidodo, S. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Poliya Siswa Smk. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 775–780.

Wigati, & Sutriyono. (2018). Deskripsi penggunaan otak kiri dan otak kanan pada pembelajaran matematika materi pola bagi siswa SMP. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arin Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.