Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah deret geometri berdasarkan gaya belajar siswa

Viona Adinda Rosalina, Sardulo Gembong, Swasti Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan masalah deret geometri berdasarkan gaya belajar siswa. Penentuan subjek pada penelitian ni berdasarkan pengisian angket gaya belajar yang dilakukan semua siswa kelas X TBSM SMK Gamaliel 1 Madiun dengan pertimbangan guru mata pelajaran matematika sehingga subjek yang diambil yaitu 2 siswa dengan 1 siswa gaya belajar visual dan 1 siswa gaya belajar auditorial.Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pada penelitian kali ini adalah angket,tes pemecahan masalah dan wawancara. Pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu untuk teknik keabsahan data.Analisa data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa subjek visual mengalami kesalahan transformasi, kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan penentuan jawaban akhir. Subjek auditorial mengalami kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan penentuan jawaban akhir.Penyebab kesalahan yang dilakukan itu karena siswa tidak teliti menggunakan operasi hitung, tidak teliti dalam subtitusi nilai dan terburu-buru menentukan jawaban akhir.

Keywords


Analisis Kesalahan, Deret Geometri, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Farida, N., Jati, D. P., & Setiawan, D. Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Belajar

Auditorial Dalam Menyelesaikan Masalah Baris dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika.

Firdaus, H. P. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Nugroho, N., Chua, E., Arwin, Han, W. P., & Wilinny. (2019). Analisis Motivasi Kerja Karyawan Bagian Pemasaran PT. Global Mitra Prima. Jurnal Ilmiah Kohesi.

Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1548-1561.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa VAK(Visual,Auditorial,Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Ilmiah Edutic, 11.

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Penggajaran Matematika.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual,Auditorial,Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika.

Yani, M., M.Ikhsan, & Marwan. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menegah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika.

Yofita, A., Rahmi, & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika.

Yosefina, Aryana, & Adnyana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran Biologi Bermuatan Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter. Indonesia Values and Character Education Jourrnal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VIONA ADINDA ROSALINA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.