Efektivitas model pembelajaran take and give dengan media kartu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi di smk pgri wonoasri ditinjau dari motivasi belajar

Retno Akmalia Az-Zahra, Wasilatul Murtafiah, Sanusi Sanusi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) mengetahui seberapa efektif model pembelajaran Take and Give dengan media kartu terhadap prestasi belajar matematika, 2) mengetahui pengaruh motivasi tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika, dan 3) mengetahui interaksi atau hubungan antara model pembelajaran Take and Give dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hasil observasi yang diperoleh peneliti berupa nilai ulangan harian operasi aljbar pada fungsi dan fungsi komposisi di SMK PGRI Wonoasri, menyatakan bahwa siswa kelas XI mempunyai prestasi belajar yang relatif rendah, hal ini dilihat dari beberapa siswa yang memiliki nilai diatas KKM (31,25%) dan siswa lainnya yang memiliki nilai dibawah KKM (68,75%). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun pengujian data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat uji normalitas menggunakan metode lilliefors dan uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua keleas tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran Take and Give dengan media kartu lebih efektif daripada model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar matematika, terdapat 11 siswa tuntas dengan persentase 68,75% dan 5 siswa yang tidak tuntas dengan pesentase 31,25%; 2) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. 

Keywords


Efektivitas, Take and Give, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Domas, A. E. (2017). Pengaruh Model Pembelaran Kooperatif Tipe Student Fasiltator and Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII [Univeritas Negeri Islam Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/1020/1/SKRIPSI_LENGKAP_DOMAS.pdf

Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Artikulasi dan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 5. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.2

Nasional, D. P. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.

Pratiwi, A. D. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Take and Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Swasta Budi Agung Medan Tahun Pelajaran 2020/2021 [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/13702/SKRIPSI ANDINI DWI PRATIWI.pdf;jsessionid=6931CF9C4C9CFB228F6CCD3A332D7067?sequence=1

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 55. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3626

Sutikno, M. S. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram : NTP Press.

Wahyuni, E. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give berbantuan Lembar Informasi Materiterhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Al-Ishlah Rejeni [Universita Muhammadiyah Sidoarja]. https://docplayer.info/111280120-Pengaruh-model-pembelajaran-take-and-give-berbantuan-lembar-informasi-materi-terhadap-hasil-belajar-ips-siswa-kelas-v-sd-al-ishlah-rejeni-skripsi.html

Wahyuningrum, A., & Untari, E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Dan Group Investigation (Gi) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(1), 019024. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss1pp019024ar689


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Retno Akmalia Az-Zahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.