Penerapan Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd Muhammadiyah 2 Pendil

Didit Yulian Kasdriyanto, Faridahtul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran role palyingg di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gending. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 pada maret-april 2022. Metode penelitian menggunakan pendekatan Action Research dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) . Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan metode pembelajaran role playing yang diperoleh melalui metode PTK,wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian, guru kelas dan siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 2 Pendil. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gending sudah terlaksana dimulai dari Pratindakan Siklus 1 dan Siklus 2 yang terdiri dari Perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing)refleksi (reflection). Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPA materi pokok sistem pencernaan manusia di SD Muhammaidyah Pendil dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswadengan hasil belajar berupa nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 56,4% kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 74,64%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,14%.


Keywords


Penerapan, Role Playing, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


A., R. B. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan. Medan: Gema Ihsani.

Amin Budiamin, d. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPI Press.

Baroroh, K. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol 8 No 2.

Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : CV Alfabeta.

Fauziyah Khairi Nasution, N. H. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Dan Tipe Role Playing Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, Vol. 4 No. 2.

Hamzah. (2011). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, A. H. (2006). Makna Ketuntasan dalam Belajar. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi FIP UPI.

Hesti, d. (2011). Bermain Peran Dalam Pembelajaran Partisipasif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY.

Kartini, T. (2007 ). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Peserta didik dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, No. 8.

Khoiriah, M. (2010). Implementasi Pembelajaran Aktif Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas Viii Mts Negeri Karangtengah Demak. Jurnal Skripsi.

Pendil, G. K. (n.d.). (B. Juarsono, Interviewer)

Pendil, S. S. (2021, Juni 11). (B. Juarsono, Interviewer)

Sekar Ayu Aryani, B. M. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Pustaka Insan.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafruddin, K. (2014). Pengertian Belajar (Online). Retrieved from http://khaidirsyafruddin.blogspot.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Didit Yulian Kasdriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.