Penerapan Metode Reinforcement And Punishment Untuk Meningkatkan Kemauan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa

Abdul Basit, Didit Yulian Kasdriyanto, Bunadi Bunadi, Nabila Maulidya, Komaria Aziza

Abstract


Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Badrut Tamam Kelurahan Wonoasih Kec. Wonoasih Kota Probolinggo yang terdiri dari 10 orang peserta didik dengan rincian 6 siswa dan 4 siswi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan (Action Research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan belajar siswa mnggunakan Metode Reinforcement and Punishment. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan dari pratindakan ke siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pratindakan diketahui siswa yang memiliki kemauan belajar hanya 3 orang (30%), sedangkan 7 orang (70%) kurang memiliki kemauan belajar. Pada siklus I dapat diketahui peningkatan sekitar 20% dan pada siklus II semakin meningkat yaitu 7 orang (70%) memiliki kemauan belajar, sedangkan 3 orang (30%) kurang memiliki kemauan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reinforcement and Punishment dalam pembejaran IPA dapat meningkatkan kemauan belajar siswa kelas III di SD Badrut Tamam Kec. Wonoasih Kota Probolinggo.


Keywords


Metode Rinforcement and Punishmen, IPA, Kemauan Belajar

Full Text:

PDF

References


Baburoglu, O.N. & Ravn , I.(1992). Normative Action Research. Organization Studies, 13 (1), 19-34

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Persada.

Fauzi, H. (2013). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: PT Sindur Press

Guruvalah. (2017). Orientasi Baru dalam Psikolog Belajar. http://www.guruvalah.tk. Di akses 27 Februari 2019

Hastuti & Lestari. (2010). Ilmu pengetahuan Alam. Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Ibrahim Mufadal. (2013). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan

Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, dkk. (2017). http://siti-nurjanah-boyolali.co.id/2014/12/makalah-model-pembelajaran- kooperatif.html. di akses 14 Februari 2019

Kumala, N. (2018). http://www.sekolahindonesia.com/prayekti/2016/13132/stm-dan- pembeajaran-ipa.html. Di akses 27 Februari 2019

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Ngalimun, dkk. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja

Pressindo

Resnick, B,L. & Ford, W,W. (1981). The Psycology of Matehamtics for Instruction. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyitno. (2014). Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Jakarta: LPPM Universitas Terbuka.

Thobroni, Muhammad. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Basit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.