Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Atraktif Roda Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas III SD RK Budi Luhur Medan

Suarniwati Halawa, Patri Janson Silaban, Rumiris Lumbangaol

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan  media atraktif roda  pintar terhadap  hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen jenis penelitian kuantitatif.  Penelitian ini dilaksanakan di SD RK Budi Luhur Medan di kelas III mulai 29 sampai 31 Maret 2022. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling sederhana. Berdasarkan analisis diperoleh hasil pre test 60,66 dengan kategori cukup. Hasil post test dengan nilai rata-rata 84,6 dengan kategori kuat dan angket model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar dengan nilai rata-rata 80,2. Hasil analisis korelasi pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi rhitung = 0,725 dengan rtabel 0,361. Dengan demikian nilai rhitung lebih besar dari rtabel maka korelasi sangat signifikan. Uji hipotesis dengan uji t dengan perolehan thitung =5,563 dengan ttabel =1,697 pada taraf signifikan 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar terhadap hasil belajar dilihat dari pengaruh variabel x dan y yaitu adanya pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Model Think Pair Share ,Media Atraktif Roda Pintar, Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Anzelina, D. (2015). Penerapan Metode Utang (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sd Negerino 101731. 0–15.

Anzelina, Dewi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN No. 101731 Kampung Lalang. 4, 1–18.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian (14th ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dirman dan Cicih Juarsih. (2018). Pengembangan Kuriklum. Rineka Cipta.

Djunaedi, R. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Stad Berbantuan Media Busepia Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV …. http://eprintslib.ummgl.ac.id/3306/

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(4), 1032–1035.

Handayani, N., Wijayanti, A., & Listyarini, I. (2018). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Roda Pintar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 404. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16158

Henri. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Alat Peraga Roda Pintar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Istarani dan Intan Pulungan. (2018). Ensiklopedi Pendidikan (Kedua). Medan: Media Persada.

Jayanti, I. D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Roda Pintar Pada Siswa Tunagrahita Kelas I Sdn 1 Tlogopatut. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Muthoharoh. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif “Think Pair Share” terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1509

Ningsih, M., Sumarwiyah, S., & Setiawan, D. (2020). Penggunaan Media ROTAR Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Payaman Kudus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 416–423.

Prastowo. (2014). Pengembaangan Bahan Ajar Tematik (1st ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Rahman. (2019). Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini Teori dan Imolementasi. Ar-Ruzz Media.

Rajagukguk, N., Simarmata, E., & Anzelina, D. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas Iv Sd Negeri 097375 Tiga Raja. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(4), 33–43.

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Tesis (Zaenal Arifin (Ed.); Ke-6). Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sa’dun Akbar, dkk. (2018). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Sadirman. (2017). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada.

Salim dan Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Prenadamedia Group.

SARI, M. L. (2020). Pengaruh Model Problem Solving Bernantukan Media Roda Putar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Tentang Materi Ekosistem Di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Setiani dan Priansa. (2018). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran (Ai Kasmanah (Ed.)). Alfabeta, cv.

Silaban. (2019). Pendidikan Guru Sekolah Dasar Juril AQUINAS.

Simarmata, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Kartika I-1. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 6(2), 7–13. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i2.5969

Simarmata, E. J. (2017). Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (Ctl) Di Kelas V Sdn 060959 Belawan. Elementary School Journal PGSD Fip Unimed, 7(3), 357–365. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8171

Simbolon, R. (2019). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448

Slameto. (2010).Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi .Jakarta :Rineka Cipta.

Sugiharti. (2013). Efektivitas Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar. Efektivitas Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar, 28(2), 505–510.

Sugiharti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Di Kelas Iv Mi Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123.

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian (Ke-15). Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (25th ed.). Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Bandung: Alfabeta, CV.

Wati, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan menggunakan Media Roda Pintar Di Kelas IV MI Muhamdiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. Αγαη, 8(5), 55.

Yulyanti. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan Farmaka Tropis Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Yunniartien, E. (2017). Penggunaan Me Dia Roda Pintar Untu K Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Segitiga Kelas IV SDN 1 Dasan Tereng Tahun Ajaran 201 7/201 8. Universitas Mataram.

Zulkarnain, H. L. S. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk. 5(November), 77–81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suarniwati Halawa, Patri Janson Silaban, Rumiris Lumbangaol

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.