Karakteristik dan Peluang Menggunakan Desain Faktorial 4 Faktor pada Penelitian Eksperimen di STKIP PGRI Pacitan

Urip Tisngati, Martini Martini, Nely Indra Meifiani, Dwi Cahyani Nur Apriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penelitian eksperimen yang menggunakan
desain faktorial di STKIP PGRI Pacitan pada periode 2014-2017, serta peluang menggunakan
penelitian eksperimen lanjutan guna meningkatkan mutu peneliti dan lulusan. Ini termasuk penelitian
kualitatif fokus pada studi kepustakaan, dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2018.
Data diambil dari artikel skripsi, merupakan dokumen tertulis dan dapat ditelusuri dari situs web yang
dikelola UPT Perpustakaan STKIP PGRI Pacitan. Guna validasi data maka dilakukan triangulasi
diperdalam dengan Focus Group Dicussion. Analisa data meliputi tahap reduksi data, penyajian data,
serta kesimpulan. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa penelitian eksperimen di STKIP PGRI
Pacitan lebih banyak menggunakan desain faktorial 2 faktor, bertipe . Variabel model
pembelajaran, metode pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran digunakan sebagai faktor pertama.
Sedangkan faktor kedua lebih banyak menggunakan variabel gaya belajar serta keaktifan belajar.
Peneliti cenderung menggunakan hasil belajar dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Ini
berimplikasi teoretis dan praktis bagi peneliti dan praktisi pada bidang pendidikan pada umumnya dan
pendidikan matematika untuk diujicobakan lebih lanjut, yaitu penelitian eksperimen dengan
menggunakan desain faktorial 4 faktor. Desain faktorial menjadi cara efektif untuk menguji efek
utama dan interaksi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Media pembelajaran, alat
penilaian, waktu belajar, sumber belajar menjadi variabel yang dapat diujicoba pada penelitian
eksperimen lanjutan.


Full Text:

PDF

References


Beaumont, Robin. (2009). Research Methods & Experimental Design. http://www.robin-

beaumont.co.uk/virtualclassroom/contents.htm

Istanti, Rini., Tisngati, Urip., Meifiani, Nely Indra. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Mind mapping terhadapKemampuan Literasi

Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa di SMPN 3 Pacitan. Artikel Skripsi.

http://karyailmiah.stkippacitan.ac.id

Kirk, Roger E. (1995) Experimental Design: Procedures for the Behavioral Sciences (3rd edn.).

Pacific Grove, CA: Brooks/Cole.

Kirk, Roger E. (tanpa tahun). Experimental Design. http://www.corwin.com/sites/default/files/upm-

binaries/29173_Millsap_Chapter_2.pdf

Mattjik A.A., Sumertajaya, Made. (2000). Perancangan Percobaan. Bogor: IPB Press

McGowan, Herle M. (2011). Planning a Comparative Experiment in Educational Setti ngs. Journal of

Statistics Education, 19(2), 1-19. www.amstat.org/publications/jse/v19n2/mcgowan.pdf

Priyatmojo, Awang Wahyu., Tisngati, Urip., Qudsiyah, Khoirul. (2015). Eksperimentasi Metode

Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Kelas X SMK Diponegoro. Artikel Skripsi. http://karyailmiah.stkippacitan.ac.id

Ristekdikti. (2017). Hasil Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2017.

http://pemeringkatan.ristekdikti.go.id/index.php/pemeringkatan/hasil2017?cari=073065

Solso, R. L., Johnson, H. H., & Beal, M. K. (1998). Experimental psychology: A case approach. New

York: Addison Wesley

Sugiyanto. (2009). Manipulasi: Karakteristik Eksperimen. Buletin Psikologi, Vol. 17, Nomor 2, 98108.

Yogyakarta:

Fakultas

Psikologi

Universitas

Gadjah

Mada

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja ROsdakarya

Tim Penyusun. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi. Pacitan: LPPM STKIP PGRI Pacitan

Tim Perumus. (2017). Pedoman Akademik STKIP PGRI Pacitan. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan

Tim. (2018). Intro to Library Research. USA: University of Minnesota Libraries.

https://www.lib.umn.edu/introtolibraryresearch

Tim SAS. (2005). Concepts of Experimental Design. USA: SAS Institute Inc. www.sas.com

Tisngati, Urip. (2011). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan ThinkPair-Share

(TPS) pada Materi Fungsi Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa kelas VIII SMP

Negeri di Kabupaten Pacitan. Tesis. Surakarta: UNS

Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Raga Grafindo Perdasa

Trochim, W.M.K. (2006). Factorial Designs. https://socialresearchmethods.net/kb/expfact.php

Urbayatatun, Siti & Widhiarso, Wahyu. (2012). Variabel Mediator dan Moderator dalam Penelitian

Psikologi Kesehatan Masyarakat. Jurnal Psikologi, Vol 39, Nomor 2, 2012.

http://download.portalgaruda.org

Zed, Mestika. (2016). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.