Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Ditinjau dari Penedekatan Open Problems

Umroatul Ayu Mahrita, Sanusi Sanusi, Reza Kusuma Setyansah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada
materi kubus dan balok ditinjau dari pendekatan Open Problems. Penentuan subyek penelitian ini
berdasarkan pada nilai tes tertulis dan wawancara yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil tes tulis
tersebut dipilih 3 orang subyek yang dikategorikan 1 subyek berkemampuan matematika tinggi, 1 subyek
berkemampuan matematika sedang, 1 subyek berkemampuan matematika rendah. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, tes
wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data kualitatif: reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Validitas data yang diperoleh dengan membandingkan hasil tes tulis dan hasil
wawancara menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Subjek dengan kemampuan
tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Subjek mampu berpikir lebih kreatif dan
kritis untuk mencari solusi permasalahan. Dimana subjek dapat menemukan lebih dari satu cara dan satu
jawaban yang bernilai benar. (2) Subjek dengan kemampuan sedang memiliki kemampuan pemecahan
masalah yang cukup baik. Diantara berpikir kritis dan kreatif, pada Subjek kategori sedang berpikir kritis
terlihat lebih mampu dikembangkan, namun untuk berpikir kreatif masih butuh proses pelatihan soal lagi.
Dimana subjek dapat menemukan lebih dari satu cara dan satu jawaban yang bernilai benar. (3) Subjek
dengan kemampuan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang masih sangat kurang. Subjek
belum mampu berpikir kreatif dan kritis untuk mencari solusi permasalahan. Dimana subjek hanya dapat
menemukan satu cara dan satu jawaban. Dan jawaban tersebut belum tentu bernilai benar.


Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:

Alfabeta.

Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Winarni, E. S., & Harmini, S. (2014). Matematika Untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.