Hubungan Interpersonal Skills dan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Matematika

Ulfa Laili Rahmawati, Ika Krisdiana, Edy Suprapto

Abstract



Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara interpersonal
skills dengan prestasi belajar matematika. (2) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat
belajar siswa dengan prestasi belajar matematika. (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara
interpersonal skills dan minat belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Negeri 8 Kota Madiun yang berjumlah 185 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik
simple random sampling dan untuk menentukan jumlah sampel menggunakan rumus penghitungan sampel
dengan jumlah populasi yang diketahui, diperoleh jumlah sampel sebanyak 126 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes prestasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis korelasi.Hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, N = 126, dan 𝑟
𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
=
0,1750 menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara interpersonal skills dengan
prestasi belajar matematika, dimana 𝑟
𝑥
1
𝑦 = 0,470 dengan pengaruh sebesar 22,07%. (2) Terdapat hubungan
yang signifikan antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar matematika, dimana 𝑟
𝑥
2
𝑦 = 0,503 dengan
pengaruh sebesar 25,30%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara interpersonal skills dan minat
belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika, dimana 𝑅
𝑥
1
𝑥
2
𝑦 = 0,536 dengan
pengaruh sebesar 28,68%.


Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Daniyati, N. A., & Sugiman. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal,

dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. Pythagoras, 50-60.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Sam’s R. H. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufik. (2013). Pengembangan Kemampuan Interpersonal Siswa Melalui layanan Bimbingan Kel ompok.

PEDAGOGI, XIII, 91-99.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap

Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan

Matematika, 4, 1-10.

Wulansari, L. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Ilmu

Pengetahuan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3, 141-156.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.