Penalaran Siswa SMP dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Memecahkan Masalah Aljabar
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan profil penalaran matematis siswa SMP dengan gaya
kognitif field dependent dalam memecahkan masalah aljabar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan data kualitatif kemudian dideskripsikan untuk
menghasilkan gambaran yang jelas dan terperinci tentang penalaran matematis siswa SMP dengan
gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah aljabar. Instrumen utama dalam penelitian
ini adalah peneliti sendiri. Instrumen pendukung dalam penelitian ini terbagi atas 2 macam, yaitu Tes
Tugas Pemecahan Masalah Aljabar, dan Pedoman Wawancara. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua teknik yaitu tes tertulis dan wawancara. Proses
analisis data dalam penelitian ini mengacu pada proses analisa data kualitatif, yaitu mereduksi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah subjek dapat menganalisa
permasalahan yang dihadapi meskipun tidak secara matang untuk dapat memecahkannya dengan
mudah. Subjek merencanakan dengan cara mempresentasikan pernyataan dalam soal menjadi simbol
persamaan aljabar, kemudian mencari hubungannya dan memilih teknik penyelesaian eliminasi yang
dianggap sesuai dan cepat langsung mengarah kepada yang ditanyakan soal. Subjek memilih strategi
penyelesaian ini karena strategi ini dianggap dapat memecahkan masalah pada soal sesuai dengan
yang ditanyakan. Subjek membuat kesimpulan dengan cara menetapkan hasil pemecahan yang
peroleh, namun mampu menarik kesimpulan dengan tepat.
Full Text:
PDFReferences
Hollands, R .(1983). Kamus Matematika (TerjemahandariA Dictionary of Mathematics: Longman
Group Limited). Jakarta: Erlangga.
Houssart, J & Sams, C. (2006). Developing Mathematical Reasoning through Games of Strategy
Played Against the Computer. International Journal for Technology in Mathematics Education.
Vol. 15. No 2. Hal 60.
Khodadady,E. (2012). Field-Dependence/Independence Cognitive Style and Performance on the
IELTS Listening Comprehensio. Macrothink Institut: International Journal of Linguisticts
Vol.4, No.3.
Shadiq, F. (2004). Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika.
Disajikan dalam Diklat instruktur/Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta.
Sumarmo dan permana. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik
Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan. Balai
Penataran Guru Tertulis dan Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 1 No 2.
Suprihatiningsih,dkk. (2014). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi
Pokok Faktorisasi Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta. Jurnal Elektronik
Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 7, Hal 750-757.
Wooldridge, B. & Bartolf, M. (2006). The Field Dependence/Field Independence learning Style:
im[pilcations for Adult Student Diversity, Outcomes Assessment AND Accountability. Editor:
R.R. Sims and S.J. Sims,pp.237-257.Nova Science Publisher,Inc. New York
Refbacks
- There are currently no refbacks.