Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis ICT Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa

Sevinaria Dwi Saputri, Vera Dewi Susanti, Edy Suprapto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan bahan
ajar matematika berbasis ICT untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D Define
(Pendefisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
MTsN Kota Madiun Kelas VIIIF yang berjumlah 28 siswa dimana 22 siswa sebagai subjek uji lapangan
dan 6 siswa sebagai subjek uji terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi bahan ajar, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dari
validasi dari 3 validator bahan ajar diperoleh skor rata-rata 77% yang dinyatakan valid. Berdasarkan angket
respon siswa pada tahap uji lapangan diperoleh rata-rata skor 75,46% yang dinyatakan praktis. Sedangkan
pada tahap uji terbatas diperoleh skor 81,94% yang juga dinyatakan praktis. Berdasarkan tes hasil belajar
pada uji lapangan diperoleh persentase ketuntasan sebesar 81,82% yang menyatakan bahan ajar efektif.
Sedangkan pada tahap uji terbatas diperoleh persentase ketuntasan sebesar 100% yang juga dinyatakan
efektif. Sehingga bahan ajar matematika berbasis ICT yang dikembangkan layak digunakan dalam belajar
dan pembelajaran untuk kelas VIII pada materi teorema pythagoras.


Full Text:

PDF

References


Adamura, F., Susanti, V. D., & Maharani, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif

Berbasis Informasi Bermakna Materi Persamaan Diferensial Orde Dua untuk Melatihkan Kompetensi

Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputro, A. T. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Media Visual Basic.

Net 2008 pada Materi Lingkaran di Kelas VIIIB Mts. Negeri Krian Sidoarjo. Surabaya: Institut

Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaa Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Matematika.

Sudaryono, Margono, & Rahayu. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung:

Alfabeta.

Sundayana, R. (2015). Statistitika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriani, Y. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 Nomer 2, 210-220.

Susanti, V. D. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk Menumbuhkan

Kemandirian Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Numerik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13111374.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.