Pengembangan LKS Berbasis CTL pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa

Saras Nurwati, Tri Andari, Vera Dewi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Lembar Kerja
Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pokok bahasan Aritmetika Sosial
untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wungu Kabupaten Madiun.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D sampai tahap ketiga, yaitu Define, Design, dan
Develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian antara lain yaitu lembar validasi LKS, angket respon
siswa, dan soal tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan
memenuhi kriteria valid dengan hasil rata-rata yang diperoleh sebesar 87,33%. Analisis kepraktisan LKS
diperoleh skor sebesar 4,21 dan analisis keefektifan LKS diperoleh skor sebesar 82,75%. LKS yang
dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa, data diperoleh dari adanya peningkatan
nilai ulangan tengah semester genap dengan nilai tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL)
pada pokok bahasan Aritmetika Sosial untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Wungu Kabupaten Madiun yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses
pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Handayani, I., Yuwono, I., & Madja, M. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan

Komputer Pada Materi Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII SMP.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan . Jember: Pena Salsabila.

Maharani, S., & Andari, T. (t.thn.). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Nasional. Pengembangan Buku

Ajar Aljabar Linear Untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika Berbasis Model DiscoveryInquiry.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Saputro, A. T. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Media Visual Basic.

Net 2008 Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIIIB MTs. Negeri Krian Sidoarjo. Surabaya : Institut

Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya .

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung:

ALFABETA.

Susanti, V. D. (2017). Jurnal Penelitian Pendidikan. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Untuk Menumbuhkan Kemandirian Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Numerik, 9(1),

Wahyuni, E. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMP Berbasis Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.