Pengaruh Metode Pembelajaran Mindmapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri

Roy Agung Cahya Putra, Moch Lutfianto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya peran
catatan siswa dalam membantu siswa untuk mereviu materi. Metode mind mapping ini bertujuan agar siswa
memiliki catatan yang baik dan mudah untuk direviu, sehingga hasil belajar siswa memuaskan, terutama pada
materi Trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mind mapping
terhadap hasil belajar siswa pada materi Trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
metode pre-eksperimen dan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini
dilaksanakan di SMAN 15 Surabaya dengan kelas X-7 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang
digunakan adalah tes pilihan ganda materi Trigonometri. Analisis data menggunakan uji normalitas yaitu uji
liliefors dan uji hipotesis yaitu uji t dengan taraf signifikansi 𝛼 = 5%. Nilai yang dihasilkan adalah 𝑡
ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔
=
2,862 dan 𝑡
𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
= 2,262, maka 𝑡
ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔
>𝑡
𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Pembelajaran MindMappingTerhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Kata Kunci: metode mind mapping; hasil belajar; trigonometri


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan

Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Priyatno, Duwi. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan

Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Swadarma, Doni. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta:PT Elex Media

Komputindo.

Windura, Susanto. (2013). Mind Map Teknik Berpikir & Belajar sesuai cara Kerja Alami Otak. Jakarta:

Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.