Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Visualisasi Menggunakan Adobe Flash Professional Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Rivaldo Ilham Pinunggul, Darmadi Darmadi, Davi Apriandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media
pembelajaran interaktif dengan visualisasi menggunakan Adobe Flash Professional untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Karangrejo kelas VII tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (R&D). Dengan model penelitian 4D yang diterapkan
sampai tahap ketiga, yaitu define, design, development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Karangrejo tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian terbagi atas 2 jenis yakni, subjek uji
coba terbatas dan subjek uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan yakni, lembar validasi
media pembelajaran (aspek kevalidan), angket respon siswa (aspek kepraktisan), dan tes hasil belajar
(aspek keefektifan). Hasil penelitian ini adalah (1) kevalidan media pembelajaran pada uji coba terbatas
sebesar 83,56% dan nilai kevalidan pada uji coba lapangan sebesar 87,11% sehingga memenuhi kriteria
valid, (2) kepraktisan media pembelajaran berdasarkan hasil angket respon pada uji coba terbatas adalah
sebesar 4,57 dan untuk uji coba lapangan sebesar 4,58 sehingga memenuhi kriteria praktis, (3) keefektifan
media pembelajaran berdasarkan tes hasil belajar siswa pada uji coba terbatas mendapatkan tingkat
keefektifan sebesar 100% dan pada uji coba lapangan mendapatkan tingkat keefektifan sebesar 88,24%
sehingga memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif dengan visualisasi menggunakan Adobe Flash Professional yang dikembangkan
layak digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Hamzah, H. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Handayani, I., Yuwono, I., & Madja, M. S. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan

Komputer Pada Materi Diagram Venn untuk Siswa Kelas VII SMP . 1-10.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika

Aditama.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika].

Jember: Pena Salsabila.

Indonesia, U.-U. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Rozak, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASA-AURA UNTUK

MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK SMK CENDEKIA MADIUN TAHUN AJARAN

/2018. Madiun.

Rozak, A., Darmadi, & Murtafiah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran SASA-AURA untuk

Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018.

DIDAKTIS, 18(1), 31-50.

Saputro, A. T. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Media Visual Basic.

Net 2008 pada Materi Lingkaran di Kelas VIIIB MTs. Negeri Krian Sidoarjo. Surabaya.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprapto, E., Sanusi, & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media

Pembelajaran pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398-416.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Trilaksono, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

PROFESSIONAL BERBASIS LITERASI PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMK CENDEKIA MADIUN XI

PERBANKAN. Madiun.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.