Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP

Qori Diyah Ayu Pebrianingrum, Ika Krisdiana, Edy Suprapto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja
Siswa (LKS) berbasis Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada materi Aritmetika Sosial di kelas
VII SMP yang dirancang berdasarkan model pengembangan perangkat pembelajaran 3D. Penelitian
ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Madiun tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 26
siswa sebagai subjek. Hasil penelitian ini yaitu mendiskripsikan tentang proses pengembangan dan
hasil pengembangan LKS. Proses pengembangan LKS terdiri dari: (1) Tahap Pendefinisian yaitu
melakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi dan merumuskan tujuan
pembelajaran. (2) Tahap Perencanaan yaitu penyusunan intrumen, pemilihan/perancangan perangkat
pembelajaran dan desain awal. (3) Tahap Pengembangan yaitu melakukan validasi dan uji rancangan
LKS. Hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) antara lain : (1) Memenuhi kriteria valid
berdasarkan persentase validitas akhir sebesar 86 %. (2) Memenuhi kriteria praktis secara teori (layak
diuji cobakan tanpa revisi) dengan hasil persentase angket respon siswa (P) sebesar 80 % memberikan
respon positif. (3) Memenuhi kriteria efektif karena hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal
dengan persentase sebesar 81 %.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Intrumen Alat Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathia, A. R., Budiarto, M. T., & Kurniasari, I. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Matematika dengan Pendekatan RMT (Rigorous Mathematical Thinking) pada Materi Teorema

Pythagoras di Kelas VII SMP. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 34.

Hidayat, D., Nurlaelah, E., & Dahlan, J. A. (2017). Rigorous Mathematical Thinking Approach to

Emhance Students' Mathematical Creative and Critical Thinking Abilities. International

Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) .

Nieveen, N. (1999). Proyotype to Reach Product Quality. In J. Van Den Akker, R. M. Branch, K.

Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp, Design Approaches and Tools in Education and Training (pp.

-135). The Netherland: Kluwer Academic Publisher.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Saputro, A. T. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Media Visual Basic.

Net 2008 pada Materi Lingkaran di KelasVIIIB MTs. Negeri Krian Sidoarjo. Surabaya

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung:

Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.