Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa SMA dalam
pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, pengumpulan data melalui tes tulis
dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan berpikir reflektif
siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika: (a) siswa menentukan solusi atau jawaban
dengan penuh pertimbangan, tetapi tidak menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari
permasalahan, (b) memeriksa kembali kebenaran jawaban dalam langkah memahami dan merencanakan
pemecahan masalah, (c) mengoreksi jawaban pada langkah memeriksa kembali hasil pemecahan masalah.
(2) kemampuan berpikir reflektif siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika: (a) siswa
menentukan solusi atau jawaban dengan penuh pertimbangan dalam setiap langkah pemecahan masalah,
(b) memeriksa kembali kebenaran jawaban langkah memahami dan merencanakan pemecahan masalah,
(c) mengoreksi jawaban pada langkah memeriksa kembali hasil pemecahan masalah.
Full Text:
PDFReferences
Angkotasan, N. (2013). Jurnal Pendidikan Matematika ISSN:1978-4538. Model PBL dan Cooperative
Learning Tipe TAI Ditinjau Dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif Dan Pemecahan Masalah
Matematis,8(1), 92-100.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Arikunto, S. (2013). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt. Bumiaksara.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Kholishoh, F. N., Pramudya, I., & Kurniawati, I. (2017). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
(JPMM). Analisi Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Fong's Schematic Model
For Error Analysis Pada Materi Volume Prisma Dan Limas Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas
VIII E SMP NEGERI 1 KARTASURA Tahun Ajaran 2015/2016, 1(1).
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. (2012). Metode Reasearch (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT Bumi Aksara.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics
Nurihsan, Juntika., Agustin, Mubiar. (2013). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja: Tinjauan
Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.
Peraturan Menteri No. 22 Tahun 2006
Sam's, O. H. (2010). Model penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Teras.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Zakarsyi, M. W. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.