Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Se-Kota Sintang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa sekolah dasar se-kota
Sintang. Subjek dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas 4 dari 21 SD di Kota Sintang dengan
kategori siswa berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang dan berkemampuan rendah. Literasi
matematis yang dianalisis meliputi kemampuan pemecahan masalah matematis (mathematical problem
solving), kemampuan komunikasi matematis (mathematical communication), penalaran matematis
(mathematical reasoning), dan koneksi matematis (mathematical connection). Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan alat tes literasi matematika yang telah dirancang.
Dari hasil analisis data, diperoleh fakta bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas IV SD sekota
Sintang
masih
rendah
dengan
nilai
rata
–
rata
42,90
pada
semua
level
kemampuan.
Full Text:
PDFReferences
Agus, Salim. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem
based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
NCTM. (2003). Standards for Secondary Mathematics Teacher. United States of America: The
National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional.
Paper (diterbitkan)
Utari, S. (2006). Berfikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan
pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan pada Seminar
Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran Tanggal 22
April 2006: tidak diterbitkan.
______. (2016). Results from PISA 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.