Penerapan Model Pembelajaran Resik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Madiun

Nurul Komariyah, Vera Dewi Susanti, Ika Krisdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
dengan menerapkan model pembelajaran RESIK (Realistik Setting Kooperatif) pada kelas VIII SMP Negeri
11 Madiun tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 30 orang siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan metode
tes dengan instrumen pengumpulan datanya menggunakan lembar tes essay. Tes essay ini mengungkapkan
tentang kemampuan berpikir kritis matematis siswa terhadap pelajaran matematika pada materi peluang. Data
dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan
berpikir kritis matematis siswa pada siklus I diperoleh 69,9 berada pada kategori sedang dan ketuntasan belajar
siswa pada siklus I rata-ratanya 60. Pada siklus II rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah
88,1 berada pada kategori sangat tinggi dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II rata-ratanya 93,3.
Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 18,2 dan peningkatan
ketuntasan belajar siswa sebesar 33,3. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini sudah mencapai target
atau indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran RESIK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdurahim, A. (2016). Keefektifan model pembelajaran resik ditinjau dari sikap, motivasi, dan kemampuan

berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 137–149.

https://doi.org/10.21831/JRPM.V3I2.7994

Andwiko, D. Y. (2017). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation dengan Strategi Pemecahan Masalah

Ideal Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 4 Sumbang. UMP.

Astriani, N. L., Arini, N. W., & Arcana, N. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIK

UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V Jurusan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Mimbar PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha, 2(1).

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. (R.

Irawati, Ed.) (Pertama). Sumedang: UPI Sumedang Press.

Runtukahu, J. T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. (R.

KR, Ed.) (Pertama). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sam’s, R. H. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (Zubaedi, Ed.) (Pertama). Teras.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (R. KR, Ed.) (Pertama).

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (Pertama). Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Susanti, V. D. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dan Model Pembelajaran Kooperatif Think

Pair and Share (Tps) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Vii

Smp Negeri 2 Kebonsari Tahun Ajaran 2011/2012. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(2),

https://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476

Susanti, V. D., & Maharani, S. (2016). PROFIL BERPIKIR MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN

MASALAH NUMERICAL ANALYSIS DITINJAU DARI TIPE. Jurnal Formatif 6(1): 62-72, 2016,

(1), 62–72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.