Penerapan Model Penemuan Terbimbing dengan Menggunakan Tugas Superitem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Novi Mayasari, Anis Umi Khoirotunnisa'

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui
Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan tugas superitem pada mahasiswa tingkat
I semester Genap pada mata kuliah matematika sekolah 2 di IKIP PGRI Bojonegoro tahun ajaran
2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Subyek penerima tindakan adalah mahasiswa matematika tingkat II semester genap yang berjumlah 30
siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data
dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Hasil analisis tes akhir tindakan siklus I hanya mencapai daya
serap 71,33% dan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai target 70%, dan meningkat pada
siklus II dengan persentase daya serap 81,06% dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai target
87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan
terbimbing dengan tugas superitem dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa tingkat I pada mata
kuliah matematika sekolah II semester genap di IKIP PGRI Bojonegoro tahun ajaran 2017/2018.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin & Wahyuni Nur Esa. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Budianto. 2010. Teori Belajar dan Implikasi dalam Pembelajaran. (Online) Diakses melalui situs:

(http://edukasi.kompasiana.com), pada tanggal 18 Februari 2018.

Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya: Untuk SMP/MTs Kelas

VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Ibrahim & Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matamatika. Yogyakarta: Sukses Ofset.

Juairiah. 2009. Pembelajaran Materi Teorema Pythagoras di SMP dengan Model Kooperatif Tipe

NHT (Numberel Heads Together). (Skripsi), Banda Aceh : IAIN Ar-Raniry

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta:

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wiriaatmadja Rochiati. 2012. Metode Penelitin Tindakan Kelas untuk meningkatkan kinerja guru dan

dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.