Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tutorial pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri Kota Madiun

Miftakhul Arum Damayanti, Ika Krisdiana, Reza Kusuma Setyansah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran
berbasis tutorial serta meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi bangun ruang sisi
datar. Uji lapangan dilakukan di kelas VIII-F MTs Negeri Kota Madiun Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian
ini merupakan pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu Define (Pendefinisian), Design
(Perancangan), Develop (Pengembangan). Subjek penelitian terbagi atas 2 jenis yakni, subjek uji terbatas dan
subjek uji coba lapangan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media
pembelajaran, angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran dan tes hasil belajar
untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) media
pembelajaran berbasis tutorial memenuhi kriteria kevalidan dengan hasil presentase yang diperoleh adalah
86,45%. 2) media pembelajaran berbasis tutorial memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil presentase
angket respon siswa pada uji lapangan mencapai 89,53%. 3) media pembelajaran berbasis tutorial memenuhi
kriteria keefektifan dengan hasil rata-rata posttest pada uji lapangan mencapai 92,94%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis tutorial pada materi bangun
ruang sisi datar untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik layak digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya Arikunto.

(2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika).

Jember: Pena Salsabila.

Indonesia, U.-U. R. (2013). Lampiran Permendikbud No. 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan

Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtdaiyah. Jakarta.

Rusman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). Bandung:

Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep,

Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp).

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.