Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multimetode untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 PGSD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil pengembangan dan efektivitas
penerapan perangkat pembelajaran multimetode yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan
pemahaman konsep matematis mahasiswa S1 PGSD pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika SD.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan meliputi proses define,
design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Prodi PGSD STKIP PERSADA
KHATULISTIWA semester VI. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi, wawancara, lembar
observasi aktifitas mahasiswa dan dosen, serta soal tes. Produk yang dihasilkan: LKM dan Buku ajar
multimetode; serta soal tes. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, koefisien validitas diatas 4 poin,
aktifitas mahasiswa lebih dari 5%, aktivitas dosen sangat baik dan tanggapan mahasiswa diatas 80%
dan pemahaman konsep meningkat 23%, sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Full Text:
PDFReferences
Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siawa SMP Melalui
Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal of Mathematics
Education and Science. 2(1): 1-10.
Eggen, P.D & Kauchak, D.P. (1996). Strategy for Teachers Teaching Content and Thinking Skill.
Boston : Allyn and Bacon.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan
Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Kemp, J.E. (1994). Proses Perancangan Pengajaran. Asril Marjohan. Penerjemah. Bandung: ITB
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics.
Washington DC: National Academy Press.
Koicu, B., Harel, G. & Manaster, A. (2013).Ways of thinking associated with mathematics
teachers’problem posing in the context of division of fractions. Instr Sci, 41: 681-698.
Lambertus. (2016). Developing Skills Understanding of Mathematical High School Student.
International Journal of Education and Research. 4(7): 315- 326.
Minarni, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman
Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan
Matematika Paradikma. Vol 6 (2).
Murizal, A., Yarman., Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran
Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 19-23.
Permana, D. (2013).Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Guru SD di Pasir Jambu- Kabupaten
Bandung. Jurnal Pendidikan. 14(1):11-21.
Pratama, M.A; Amin, M.; Suarsini, E. (2016). Pengembangan Buku Ajar MAtakuliah Bioteknologi
Universitas Jember. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(10):19871992.
Rafiah, H., dkk. (2018). Pseudo Thinking of PGSD Students Zero Number Operations. Math Didactic:
Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1): 11-20.
Rismawati, M & Hutagaol, A.S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Mahasiswa Pgsd Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 4(1):
-105.
Srigati, N. (2015). Penggunaan Multimetode untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Satuan Waktu Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri
Kendat . Jurnal PINUS. 1(2): 153-164.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training
Teachers of Exceptional Children. US: University of Indiana.
Tuna, A. (2013). A Conceptual Analysis of the Knowledge of Prospective Mathematics Teachers
about Degree and Radian. World Journal of Education, 3 (4), (Online), www.sciedu.ca/wje,
diakses tanggal 12 Juni 2018.
Walle, J.A.V.D. (2007). Elementary and Middle School Mathematics. USA: Prentice Hall.
Refbacks
- There are currently no refbacks.