Pengembangan Instrumen Pengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Triple Theory

Lestari Puji Rahayu, Ahmad Shakroni Nugroho, Muji Santoso, Suryo Widodo

Abstract


Berdasarkan hasil PISA 2015, Indonesia memiliki peringkat rendah. Hal ini menunjukkan
siswa Indonesia masih terbiasa dengan karakteristik pembelajaran yang Lower Order Thinking Skills.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen pengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi
matematika kelas X berdasarkan Triple Theory yang valid dan reliabel. Selain itu, pengembangan
instrumen ini juga untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X di SMA Negeri
1 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan merujuk pada model Tessmer yang
terdiri dari dua tahap yaitu preliminary dan formative evaluation. Uji coba instrumen diadakan di
kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Jumlah subyek uji coba sebanyak 36 siswa. Data penelitian
dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Berdasarkan hasil analisis butir soal, diperoleh
instrumen pengukuran yang dikembangkan sebanyak 8 butir soal. Hasil penelitian instrumen
pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi yang siswa matematika yang valid. Hal ini
berdasarkan perhitungan analisis butir soal yaitu nilai validitas yang lebih dari 0,329. Instrumen
pengukuran ini juga dikatakan reliabel berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,971. Hasil rata-
rata skor kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 16,056 dari skala 32.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills

Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-

doi:http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Grinnell, Richard M. & Unrau, Tvonne A. 2011. Social Work Reasearch and Evaluation (p.211).

(9

th

ed.). New York: Oxford University Press

Krulik, S. dan Rudnick, J,A. 1999. Innovative Task to Improve Critcal and Creative Thinking Skills.In

Stiff, Lee V.And Curcio, Frances R (Eds) from Developing Mathematical Reasoning in

Grades K-12 (pp. 138-142). Riston, Virginia: The National Council of Teacher of

Mathematics, Inc.

OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. (Online), tersedia:(http://www.oecd.org/pisa), diakses pada

tanggal 7 Juli 2017.

Sadono, Tri. 2013. Taksonomi-Taksonomi Pembelajaran. (Online), tersedia:

http://trigurumetri.blogspot.co.id/2013/08/taksonomi-taksonomi-pembelajaran.html, diunduh

Juli 2017

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Wowo. 2014. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tessmer, Martin.1993. Planning and Conducting-Formative Evaluations. London, Philadelphia:

Kogan Page.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.