Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Strategi Experiential Learning Berbasis Game untuk Membangun Karakter dan Mindset Cinta Matematika

Iesyah Rodliyah, Sari Saraswati, Nihayatus Sa'adah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat
pembelajaran sebagai upaya membangun pendidikan karakter dan mindset cinta matematika siswa
SD/MI melalui strategi experiential learning berbasis game. Game dalam penelitian ini diantaranya
adalah Role Play, Joyful Number Clap (JNP), Kantong ajaib, Card Number, Magic Circle, Draw and
Count (D&C). Game tersebut dipraktikkan pada materi yang sesuai khususnya pada materi soal cerita
pada kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model pengembangan
milik Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dikenalkan pada tahun 1974 dikenal dengan model 4-D,
model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop
(pengembangan), dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di sekolah MI Al Asy’ari kelas 4 sebagai
kelas uji coba dan SD Islam Makarimul Akhlaq pada siswa kelas 4 untuk mendesiminasikan
pembelajaran matematika berbasis game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
matematika dengan strategi experiential learning berbasis game mampu membangun pendidikan
karakter dan mindset cinta matematika siswa SD/MI.


Full Text:

PDF

References


Boaler, Jo. (2013). Ability and Mathematics: The Mindset Revolution That is Reshaping Education.

FORUM Volume 55, Number 1

Chapman, Alicia M. (2011). Implementing Character Education into School Curriculum. Essai Volume 9

Article 11 College of DuPage

Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Henriksen, Danah and Mehta, Rohit. (2016). A Beautiful Mindset: Creative Teaching Practices in

Mathematics. Journal of Mathematics Education. December 2016, Vol. 9, No. 2, pp. 81-89

Sajadi, Maryam, dkk. (2013). The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability under

Efficient Representation Aspect. Mathematics Education Trends and Research. Volume 2013,

Article ID metr-00007, 11 Pages doi:10.5899/2013/metr-00007

Salafudin. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Vol. 10 No.

, Hlm. 63-76

Silberman, Mel. (2014). Handbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata.

Jakarta : Nusa Media bekerja sama dengan LPIP (Lembaga Pengembangan Ilmu Pengetahuan)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.