Penalaran Matematis Mahasiswa dengan Kemampuan Berpikir Intuitif Tinggi dalam Memecahkan Masalah Analisis Real

Fatriya Adamura, Vera Dewi Susanti

Abstract


Abstrak
Dalam memahami matematika dan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, mahasiswa
memerlukan kemampuan penalaran matematis. Pada kenyataannya, kemampuan Indonesia di dunia
pendidikan dalam bidang matematika masih sangat rendah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penalaran matematis mahasiswa dengan kemampuan berpikir intuitif
tinggi dalam memecahkan masalah analisis real. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah
mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tulis dan wawancara. Analisis data dalam penelitian
ini dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa dengan kemampuan berpikir intuitif tinggi pada
pemecahan masalah analisis real memiliki kecenderungan melaksanakan penalaran matematis dengan
sempurna. Mahasiswa dengan kemampuan berpikir intuitif tinggi mampu melaksanakan penalaran
matematis pada setiap tahap pemecahan masalah analisis real.


Full Text:

PDF

References


Marsigit. 2012. Kajian Peneltian (Review Jurnal Internasional) Pendidikan Matematika.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Marsigit,%20Dr.,%20M.A./Kajian%20Peneli

tian%20(Review%20Jurnal%20Internasional)%20Pendidikan%20Matematika_Matrikulasi%20

S2%20Dikmat.pdf. diakses tanggal 12 Mei 2017

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, S.. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Rustandi, Ino. 2013. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching

untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP.

http://repository.upi.edu/4331/4/S_MTK_054251_Chapter1.pdf Diakses tanggal 13 Juni 2107

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sunarto. 2001. Metodoloogi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Surabaya. Unesa University

Press

Wulandari, Enika. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pendekatan

Problem Posing di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta.

http://eprints.uny.ac.id/1709/1/Enika_Wulandari.pdf. diakses tanggal 6 Mei 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.