Nilai dan Karakter dalam Pembelajaran MATEMATIKA

Darmadi Darmadi

Abstract


Dalam pembelajaran, kita sering melupakan atau tidak memperhatikan nilai dan karakter matematika.
Nilai-nilai pada matematika antara lain: abstrak lebih baik dari pada konkret, formal lebih baik dari pada
informal, objektif lebih baik dari pada subjektif, justifikasi lebih dari discoveri, rasional lebih baik dari intuisi,
general lebih baik dari patikular, teori lebih baik dari praktek, dan bekerja dengan otak lebih dari bekerja
dengan tangan. Supaya mudah dipahami, pada pembahasan ini nilai-nilai pada matematika disesuaikan dengan
materi analisis real. Materi matematika yang sulit menuntut penuh perjuangan untuk mempelajarinya. Karakter
matematika yang dapat diperoleh antara lain: konsisten, efisien, sederhana, santun, pengertian, positif, kritis,
tegas, cerdas, kreatif, penuh tanggung jawab, dan visioner. 


Full Text:

PDF

References


Paul Ernest. (2004). The Philosophy of Mathematics Education. The Taylor & Francis e-Library.

Routledge Falmer is an imprint of the Taylor & Francis Group

Bartle & Sherbert. (1982). Introduction to Real Analisis. University of Illinois: Urbana-Champaign.

Illinois. John Wiley & Sons. Inc

Poerwadarminta. (2007). “ Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Edisi ketiga. Cetakan keempat.

Jakarta: Balai Pustaka 2007

Richard R. Goldberg. (1964). “Methods of Real Analysis”. The University of Lowo. John Wiley &

Sons, Inc. New York, Londin, Sydney, Toronto

Shapiro. (2000). Thingking about Mathematics: the philosophy of mathematics. New York: Oxford

University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.