FAKTOR YANG PALING DOMINAN MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PGSD

Andri Andri, Melinda Rismawati

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika pada mahasiswa program studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori multivariate dan analisis deskriptif. Subyek Penelitian Mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang sebanyak 100 Mahasiswa. Hasil temuan dengan analisis faktor ekploratori berbantuan SPSS 21 ditemukan ada 6 faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika, untuk faktor yang paling dominan dilihat pada persentase variance yang tertinggi. faktor yang paling dominan adalah faktor minat dengan persentase variance 12,343% terwakili oleh 11 item pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis deskritif untuk melihat karakteristik muatan faktor yang diberi nama faktor minat, responden yang memberi pendapat Sangat Setuju ada 24% dan Setuju ada 63% jika ditotalkan ada 87% artinya bahwa muatan faktor yang terbentuk atau konsep yang terbentuk masuk kriteria sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Amanah, Joharman, Kartika Chrysti Suryandari.(2015). Pengaruh Pemberian Penguatan Positif dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Klirong. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4 (3), 1 – 8.

Andri. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat terhadap SMP Negeri. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2 (3), 228-235.

Febriyanto, Yatin Agus, Budiyono. (2016). Hubungan Faktor Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ekuivalen Pendidikan Matematika., 19 (1), 18 – 23.

Indiati, Intan, Muhtarom,Teguh Joko S. (2011). Pengaruh Persepsi Siswa Kepada Guru Matematika Dan Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Aksioma. 2 (1) : 1-10.

Jihad, A. dan Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Prihandoko,Antonius. C. (2005). Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi 2005

Ruseffendi, E. T. (1988). Pengajaran matematika modern dan masa kini : untuk guru dan SP. Bandung : Tarsito

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi, D. K. (1994). Psikologi Remaja. Jakarta : Aksara Baru.

Supranto, J. (2010). Analisis Multivariat: Arti & Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wikipedia. (2016). Variance. Online (https://id.wikipedia.org/wiki/Varians) diakses tanggal 25 Juni 2018

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Action Research. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.