ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM MEMAHAMI BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DI SMPLB B-D KOTA BIMA

Arnasari Merdekawati Hadi

Abstract


Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangan mengalami kelainan atau penyimpangan fisik, mental-intelektual, sosial dan atau emosional dibanding dengan anak-anak lain seusianya, sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan khusus dimana proses pembelajaran yang digunakan tidak terlepas dari kerangka awal pendidikan secara umum, yaitu mengacu pada kurikulum dan program terpadu bagi semua siswa. Salah satu mata pelajaran yang juga diajarkan pada siswa ABK adalah matematika dengan cabang ilmu geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  proses pembelajaran matematika siswa ABK kelas VIII SMPLB B-D se-Kota Bima dalam memahami bangun datar berdasakan teori Van Hiele. Penelitian ini dilaksanakan di SMPLB B-D Kota Bima, Subyek dalam penelitian ini adalah siswa ABK SMPLB B-D Kota Bima. Bentuk analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis kualitatif Milles dan Hubbarman. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa ABK tunarungu, tunagrahita, tunadaksa dalam memahami materi geometri bangun datar berada pada tahap 0 yaitu visualisasi dimana siswa mampu mengidentifikasi bangun geometri berdasarkan penampakan fisiknya.


Full Text:

PDF

References


Abdussakir. 2010. Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. El Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Kegamaan, Vol VII No.2 2010. ISSN 1693-1499

Anggarani, Maria. 2010. Penggunaan Teori Pembelajaran Van Hiele untuk Meningkatkan Tingkat dan Kualitas Berpikir Siswa Kelas V SD Negeri Timbulharjo Yogyakarta pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Program Studi Pendidikan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Ginintasari,R. 2009. Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Psikologi Fakultas ilmu pendidikan UPI.Bandung. Diunduh tanggal 24 maret 2016

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bandung Aksara

Jannah, Miftahul & Ira Darmawanti .2014. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini & Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.

Nazaruddin, Y.Y. 2012. Indonesia Educational Statistics 2011/2012. Jakarta: MOEC.

Nugrohonongsih, Septi. 2013. Hubungan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Prestasi Belajar Matematika (SLB-C Bagaskara Sragen). Skripsi Tidak Diterbitkan: FKIP UMS.

Nur’aeni, Epon. 2010. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Saung Guru: Vol.1 No.2 (2010).

Smart, Aqila.2010. Anak Cacat Bukan Kiamat (metode Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusu). Yogyakarta: Kata Hati

Susanto. 2012. Analisis Proses Pembelajaran Siswa Tunanetra dalam Memahami Segiempat di SLB Taman Pendidikan dan Asuhan Jember Kaitannya dengan Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Junal: AKSIOMA, Vol.01 No.01 Maret 2012

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.