Pengaruh Manajemen Waktu, Efikasi Diri, dan Need For Achievement Terhadap Hasil Belajar Siswi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MA Miftahul Ulum Kalirejo Gondangwetan Pasuruan

Nuzuliatul Barokah, Sugeng Pradikto, Suchaina S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu, efikasi diri dan need for achievement terhadap hasil belajar siswi mata pelajaran ekonomi kelas X MA Miftahul Ulum Kalirejo Gondangwetan Pasuruan baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi dengan jumlah sampel 50 siswi yang diambil dari populasi kelas X siswi MA Miftahul Ulum Kalirejo yaitu sebanyak 101 siswi dengan menggunakan teknik proportional random sampling yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat, baik secara parsial maupun secara simultan. Secara parsial diketahui variabel manajemen waktu mempunyai t-hitung sebesar 3,470, variabel efikasi diri mempunyai t hitung sebesar 3,225, dan vaiabel need for achievement memiliki t hitung sebesar 3,757 dengan nilai t tabel sebesar 2,013. Secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar dengan hasil nilai F hitung 13,799 > F tabel 2, 802 dan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pada uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,474 atau 47,4% yang artinya ketiga variabel berpengaruh terhadap hasil belajar, dan sisanya dipengaruhi oleh sebab-sebab lainnya

Keywords


Manajemen Waktu; Efikasi Diri; Need For Achievement; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anwar, Astrid, I. D. (2009). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasisawa Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Ariandesti, Siska. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Empati Dan Efikasi Diri Pada Guru Di SMAN 03 Kopah Kecamatan Kuatan Tengah Kabupaten Kuatan Singingi. Skripsi tidak diterbitkan. Pekanbaru. Universitan Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Bandura, A. 1994. Efikasi Diri. Ramachaudran, V.S (Ed.), Ensiklopedia Perilaku Manusia. New York: Pers Akademik.

Davidson, J. (2002). Manajemen Waktu: Kuasai Keahlian yang Anda Perlukan dalam 10 Menit. Yogyakarta: ANDI.

Deyon, Annisa, A. Z. (2022). Pengaruh Need For Achievement (N-Ach) Terhadap Kemampuan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas X MIPA Tahfidz MAN 1 Jember. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Farida, Agustin, R. P., & Fuadah, Fakhruddiana. (2018). Self-efficacy Guru Kelas Dalam Membimbing Siswa Slow Learning. Jurnal Pendidikan Khusus, 14(1), (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk), diakses 24 Juni 2023.

Feriyanto, A., & Triana, Endang, S. (2015). Pengantar Manajemen (3 IN 1) (hlm. 4). Yogyakarta: Meditaria.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariae Dengan Program IBM SPSS Edisi7. Semaramg: Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, M. S., & Sari, K. T. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTS Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), (Online), (http://jurnal.stituwjombang.ac.id), diakses 4 Maret 2023.

Hayness, E. M. (2010). Manajemen Waktu. Jakarta: Penerbit Indah.

Kumalasari, Windha. (2020). Pengaruh Need For Achievement, Need For Power, dan Need For Affiliation Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI SMK Batik 2 Surakarta 2020. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nahrawi. (2018). Hubungan Manajemen Waktu Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Satu TAP Desa Rantau Panjang Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Tesis. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau.

Novianti, Yossy, P. (2017). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi MAN Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.