Literasi Pasar Modal Guru Ekonomi SMA Kabupaten Tegal

Neni Hendaryati, Dewi Amaliah N, Shilfina Fitriana

Abstract


Permasalahan yang dihadapi adalah guru kurang memahami pasar modal dan mekanismenya, sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis seberapa jauh literasi pasar modal guru ekonomi, 2) Menganalisis peran guru sebagai mediator sekaligus fasilitator untuk para investor baru dikalangan muda, 3) menganalisis dan mendeskripsikan mindset guru terhadap investasi surat berharga di lantai bursa. Penjelasan secara mendalam pada permasalahan yang terjadi di suatu kelompok (studi kasus) menjadi metode penelitian ini. Observasi, wawancara dan dukungan dokumen menjadi sumber data guna melengkapi analisis hasil. Disimpulkan bahwa: 1) literasi pasar modal guru ekonomi SMA masih rendah, hal ini disebabkan karena guru belum memahami mekanisme pasar modal secara kongkret dan kompleks 2) Guru belum mampu memfasilitasi siswa sebagai calon investor muda untuk berinvestasi di pasar modal, 3) Guru memerlukan pendampingan bagaimana memulai dan mengantisipasi kekhawatiran risiko investasi surat berharga di lantai bursa. Sarannya, guru perlu pendampingan dan pelatihan pasar modal, agar dapat membawa pengalaman ke dalam kelas pada proses pembelajaran

Keywords


Literasi; Pasar Modal; Investasi

Full Text:

PDF

References


Boško Mekinjić. (2019). THE IMPACT OF INDUSTRY 4.0 ON THE TRANSFORMATION OF THE BANKING SECTOR. https://doi.org/10.7251/JOCE1901006M

Kemu, S. Z. (2016). Literasi Pasar Modal Masyarakat. Jurnal DPR, 21(21), 161–175. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/773

Langat, P. C., Cheruiyot, P. K., Naibei, I. K., & Rop, W. C. (2019). Relationship Between Financial Literacy of Individual Investors and Stock Market Participation Decision Among Secondary School Teachers from Nakuru County, Kenya. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(11), p9508. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.11.2019.p9508

Levi, K. (2010). Transfer of Innovation „ Development and Approbation of Applied Courses Based on the Transfer of Teaching Innovations in Finance and Management for Further Education of Entrepreneurs and Specialists in Latvia , Lithuania and Bulgaria ”. Education and Culture Lifelong Learning Programme, 1–166. http://www.bcci.bg/projects/latvia/pdf/8_IAPM_final.pdf

Lince, R. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting), VIII(November), 164–179.

Pakpahan, K. (2003). Strategi Investasi di Pasar Modal. The Winners, 4(2), 138. https://doi.org/10.21512/tw.v4i2.3838

Salomons, R., & Grootveld, H. (2003). The equity risk premium: Emerging vs. developed markets. Emerging Markets Review, 4(2), 121–144. https://doi.org/10.1016/S1566-0141(03)00024-4

Samina Gill et al. (2018). Factors Effecting Investment Decision Making Behavior: The Mediating Role of Information Searches. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 7(4).

Shamoon, S., Sadia, S., & Tehseen, S. (2011). Interdisciplinary journal of contemporary research in business. In Ijcrb.

Taylor, W. (1974). The Role of Risk 1n. Journal of Marketing, 38(April 1957), 54–60.

Yudistira, B. (2019). Pasar Modal RI Dibanjiri Dana Asing. Https://Economy.Okezone.Com/. https://economy.okezone.com/read/2019/01/08/278/2001446/pasar-modal-ri-dibanjiri-dana-asing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.