Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Anas Sofiatul Fauziah, Fahimul Amri

Abstract


Riset ini bermaksud buat mencoba dampak Bentuk Pendidikan Discovery kepada Keahlian Berasumsi Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bluluk Lamongan. Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal test essai untuk membedakan antara kelas ekperimen dan kelas control. Kelas ekperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery dan kelas control tidak menggunakan model pembelajaran discovery. Riset ini ialah riset kuantitatif dengan tipe riset penelitian. Riset ini tercantum riset penelitian imajiner (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa IPS 1 dan 2 kelas X  yang totalnya berjumlah 63 orang terdiri dari kelas X IPS 1 berjumlah 33 serta kelas X IPS 2 berjumlah 30. Karakter responden dipakai buat melukiskan kondisi ataupun situasi responden yang bisa membagikan data bonus buat menguasai hasil- hasil riset. Hasil riset ini membuktikan kalau bentuk kegiatan belajar mengajar discovery mempengaruhi kepada keahlian berasumsi kritis siswa. Hasil tes essai menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan mendapatkan nilai tes kemampuan berpikir kritis mempunyai pada umumnya angka lebih besar dibanding kelas control yang tidak memperoleh perlakuan. Kesimpulan dari riset ini merupakan Bentuk Kegiatan belajar mengajar Discovery mempengaruhi positif kepada Keahlian Berasumsi Kritis Anak didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Anjuran dari riset ini diharapkan guru bisa menghasilkan materi estimasi bentuk kegiatan belajar mengajar discovery buat tingkatkan keahlian berasumsi kritis  siswa

Keywords


Model Pembelajaran Discovery, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Sulur, S. (2020). Pengaruh Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI MAN 1 Malang. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1), 59-63.

Gusvina, F. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Nugrahaeni, Amallia, I Wayan Redhana, And I Made Arya Kartawan, Pendidikan Kimia Indonesia 23 Amallia Nugrahaeni, I Wayan Redhana, I Made Arya Kartawan. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2017, I

Paranginangin, Alim, Hotrisman Barus, and Rafeli Gulo, Perbedaan Hasil Belajar siswa yang di Ajar dengan Pembelajaran Elaborasi dengan Model Pembelajaran , 2020, 43-50

Pratiwi, F. A., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7).

Pinarsinta, C. N. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Srijaya Palembang. Universitas Sriwijaya

Priyadi, Rian, Amin Mustajab, Mohammad Zaky, and Sentot Kusairi, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika, 2018, 53-56

Purnamasari, D. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Tenaga Endogen Kelas X IPS SMAN 10 Malang. Universitas Malang.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Putri, R. M. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa berbantukan LKS secara Online pada materi kalor dan perpindahannya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Salmiah, Ramdiah. (2019), Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs. Nu Al-Falah Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 132-140.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Turbiyani, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Zulastri, (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat Bangun Datar Siswa Kelas III MI Nurul Islam Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.