Pengaruh Kreativitas Dan Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (PKK) Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022

Ni Kadek Indah Manacika Susaraswati, Putu Diah Asrida, Ni Luh Putu Yesy Anggreni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan manajemen waktu terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Expost Facto melalui metode observasi, dokumentasi, dan kuisioner dalam pengumpulan datanya. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 166 siswa kelas XI TBSM dan XI BKP di SMK Negeri 1 Denpasar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 117 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan antara variabel kreativitas terhadap keputusan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan yang dibuktikan dari hasil uji thitung sebesar 9,043> ttabel 1,980 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara variabel kreativitas terhadap keputusan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan yang dibuktikan dari hasil uji thitung sebesar 13,486 > ttabel 1,980 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh signifikan secara simultan antara variabel kreativitas dan manajemen waktu terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan nilai Fhitung 118,954 > Ftabel yaitu 3,08 dengan nilai signifikansi 0,000  <  0,05. Hasil koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya Adjusted R Square 0,670 yang artinya sebesar 67% variasi hasil belajar dipengaruhi kreativitas dan manajemen waktu, sedangkan sisanya sebesar 33% dipengauhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian

Keywords


Kreativitas, Manajemen Waktu, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad, dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Cetakan Ke-1. Semarang: UNISSULAPRESS.

Asrida, P. D., & Cahayani, N. L. P. (2021). PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING INTERAKTIF DALAM UPAYA MEMAKSIMALKAN PROSES PEMBELAJARAN DITENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 125-132.Chomaidin, H dan Salamah. 2018. Pendidikan Dan Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Daniar Paramita, dkk. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Jawa Timur: Widya Gama Press

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Cetakan Ke-1. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Herliyani, Hj, dkk. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Tengah: Lakeisha

Hidayanto, D.N, 2019. Manajemen Waktu: Filosopi-Teori-Implementasi. Depok: Rajawali Pers.

Krisnadi, H, dkk. 2019. Pengantar Manajemen. Jakarta: LPU-UNAS

Kurniawan dan Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: PANDIVA BUKU

Mutiah Dian. 2010. Psikolodi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: KENCANA

Novianti, Y, P. 2017. Pengaruh Manajemen Waktu Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Siswa Kelas XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi Man Kota Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan , Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tersedia pada http://etheses.uin-malang.ac.id/9839/1/13130101.pdf (diakses pada 5/4/2022)

Rachmawati, Y dan Euis, K. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Cetakan Ke-2. Jakarta: Kencana

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA

Sit Masganti, dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: PERDANA PUBLISHING

Soelaiman, J. I. 2016. Kreativitas Dalam Berkarya. Semarang: CV. Krida Karya.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA,CV.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung): ALFABETA,CV.

Tsabitah Dina. 2015. Peran Kesiapan Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Kreativitas Siswa Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar AkutansiI Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran Dan Pengenbangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: AURA.

Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.

Yuswatiningsih, Endang dan H.Ike.S. 2017. Peningkatan Kreativitas Verbal Pada Anak Usia Sekolah. Cetakan Ke-1. Mojokerto : STIKes Majapahit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.