Pengaruh Kebijakan Insentif Pajak, Digitalisasi Pajak, Dan Kepercayaan Kepada Pemerintah Terhadap Penanganan Dampak Covid-19

Dhiwa Tifa Anggraini, Erma Setiawati

Abstract


Pada akhir tahun 2019 dunia digegerkan dengan adanya virus penyakit jenis baru yang diduga menyebar melalui percikan air liur yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, maupun ketika bernapas secara normal. Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkena tetesan kecil dari hidung atau mulut yang terjadi pada saat batuk, bersin, maupun bernapas secara normal. Kemudian jika ada orang lain yang menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus tersebut, lalu orang itu menyentuh bagian mata, hidung, atau mulut (segitiga wajah), maka orang tersebut dapat terinfeksi penyakit tersebut. Virus ini dinamakan coronavirus atau Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kebijakan insentif pajak, digitalisasi pajak, dan kepercayaan kepada pemerintah terhadap penanganan dampak Covid-19 di KPP Pratama Surakarta yang menggunakan metode kuisioner (angket) dan observasi atau pengamatan. Hasil pada penelitian menyatakan bahwa digitalisasi dapat berpengaruh terhadap penanganan dampak Covid-19, sedangkan insentif pajak dan kepercayaan kepada pemerintah tidak berpengaruh terhadap penanganan dampak Covid-19

Keywords


Insentif Pajak, Digitalisasi Pajak, Kepercayaan Kepada Pemerintah

Full Text:

PDF

References


Dewi, S., Widyasari, & Nataherwin. (2020). Pengaruh Insentif Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, vol. 9(2), hal. 108–124.

Ersania, G. A. R. & Merkusiwati, N. K. L. A. (2018). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, vol. 22.3, hal. 18892-1908.

Farimale, W., Atichasari, A. S., Hernawan, E., & Ni’matullah.(2020). Peran Tax Planning dan Konsultan Pajak. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 2 no. 1, hal. 81-96.

Hertinawati, H. (2021). Analisa terhadap Kebijakan Fiskal dan Moneter Indonesia dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(2), 118-130.

Indahsari, D. N. & Fitriandi, P. (2021).Pengaruh Kebijakan Insentif Pajak Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Penerimaan PPN. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara, vol. 3 no. 1, hal 24-36.

Isyrin, M. (2019). Digitalisasi Pajak di Indonesia dan Tantangan Penerapannya dalam Mayarakat. Reseach Gate, November.

Kartiko, N. D. (2020). Insentif pajak dalam merespons dampak pandemi Covid-19 pada sektor pariwisata. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara, vol. II no. 1, hal. 124-137.

Latief, S., Zakaria, J.,& Mapparenta. (2020). Pengaruh Kepercayaan Kepada , Pemerintah, Kebijakan Insentif Pajak dan Manfaat Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Center of Economic Student Journal, vol. 3 no. 3.

Masri, S. & Sofran, E. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Nasriadi.& Asmi, N. (2020).Persepsi Masyarakat Mengenai Wabah Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi Pada Desa Kayuloe Barat Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto).Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Economos, vol. 6 no. 1, hal. 51-58.

Sudjana, N. (1989). Penelitian dan Penilaian. Bandung: Sinar Baru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.