Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline : Bagaimana Efektivitasnya Di SMP Negeri 1 Satap Kinam Papua Barat

Vicy Reynaldo Parlindungan Manurung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui 1) efektivitas dan 2) respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis articulate storyline pada mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 1 Satap Kinam Papua Barat. Responden penelitian ini adalah 47 orang peserta didik SMP Negeri 1 Satap Kinam Papua Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar berdasarkan nilai pretest dan posttest, serta menggunakan kuesioner untuk mengetahui respon peserta didik. N-gain score dan analisis diskriptif digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran berbasis articulate storyline efektif digunakan pada mata pelajaran Prakarya di SMP Negeri 1 Satap Kinam Papua Barat, 2) respon peserta didik pada media pembelajaraan articulate storyline berdasarkan berdasarkan isi materi 89% sangat baik dan berdasarkan tampilan atau design media 94% memberikan respon sangat baik

Keywords


Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, H., Roesminingsih, M. V., & Jacky, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Ips Di Kelas V.

Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Fardila, S., & Arief, M. (2021). Pengembangan Mobile Learning berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran Kearsipan untuk meningkatkan Self Regulated Learning dan Hasil Belajar Siswa (studi pada kelas x OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen ). https://doi.org/10.17977/um066v1i42021p344-356

Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “ SCRIBER ” Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3005

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.

Hidayati, N., Rijanto, T., Widyartono, M., & Fransisca, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Software Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik SMKN 3 Surabaya.

Mufidah, Eli., & Khoiri, Nikmatul. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. IBTIDA’. https://doi.org/10.37850/ibtida’

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.797

Purnama, S. I., & Asto, I. G. P. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar KELAS X TEI 1 DI SMK NEGERI 2 Probolinggo.

Rohman, S. N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah.

Saputri, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Komik Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Tambusai. 1–8.

Sari, P. Ayu., & Marlena, Novi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Administrasi Transaksi pada Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2623


Refbacks

  • There are currently no refbacks.