Pendidikan karakter dan Inklusi: Konsep pendidikan pada anak berkebutuhan khusus

Weninda Ayu Retnoningtyas

Abstract


Pendidikan inklusi pada satu sisi merupakan suatu sistem pendidikan yang dirancang untuk memberikan kesempatan pada anak-anak berkebutuhan khusus pada tingkat tertentu berbaur dengan anak-anak normal. Pada sisi lain pendidikan inklusi memunculkan peluang bagi anak-anak normal untuk berinteraksi dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Dalam interaksi tersebut anak-anak normal diajar untuk peduli dengan kebutuhan anak lain dan memiliki rasa toleransi pada anak berkebutuhan khusus. Proses interaksi ini pada akhirnya akan membentuk anak dengan tingkat empati yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang tidak pernah berbaur dengan anak berkebutuhan khusus. Pada suatu institusi pendidikan anak usia dini yang menjadi tempat penelitian pembentukan karakter pada anak usia dini melalui pendidikan inklusi. Disana, anak-anak normal berbaur dengan anak-anak berkebutuhan khusus dalam kelas inklusi. Dari hasil interaksi dalam kelas, anak-anak normal menunjukkan tingkat empati yang lebih tinggi. Hal ini dapat terjadi karena adanya pembiasaan anak-anak normal untuk peduli dengan kebutuhan anak lain, yang dalam hal ini adalah anak berkebutuhan khusus. Empati anak-anak ditunjukkan dalam bentuk respon kesediaan untuk bermain bersama dan membantu anak-anak berkebutuhan khusus. Kesimpulannya yaitu pendidikan inklusi dapat meningkatkan karakter anak pada usia dini, khususnya dalam hal empati.


Keywords


pendidikan karakter; pendidikan inklusi; anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Albertus, D. K. (2007). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di zaman global, Jakarta. PT Grasindo.

Isjoni. (2006). Membangun visi bersama : aspek-aspek penting dalam reformasi pendidikan, Jakarta :Yayasan Obor Indonesia.

Lickona, T. (1992): educating for character - how our schools can teach respect and responsibility, New York: Bantam Books

Koesmono, T. (2007). Pengaruh Kepemimpinan dan Tuntutan Tugas terhadap komitmen organisasi dengan variabel moderasi motivasi Perawat RSU Suasta Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1).

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.