Implementasi pendidikan karakter inklusi pada anak berkebutuhan khusus

Sri Suwartini

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam proses  pembelajaran, anak Anak Berkebutuhan  Khusus  memiliki karakter dan modalitas yang  berbeda dengan peserta didik normal. Untuk itu, pendekatan yang digunakan baik  mengenai metode,  teknik, dan strategi  pembelajaran yang digunakan  harus  disesuaikan dengan kebutuhan belajar agar bermakna sesuai  peserta didik ABK. Permendiknas Nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bertujuan  untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, dan sosial atau memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Pendidikan karakter inklusif dapat diwujudkan dengan mengaktualisasikan nilai –nilai karakter yang ditandai dengan pembelajaran ramah anak. Implementasi pendidikan karakter inklusif pada sekolah reguler ditandai dengan pembelajaran ramah anak, berempati, pembelajaran berpusat pada peserta didik, dan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Sekolah perlu melakukan asesmen atau penilaian terhadap identifikasi kebutuhan peserta didik, melengkapi sarana prasarana yang  berbasis Anak Berkebutuhan Khusus dan aksesabilitas sekolah ramah anak. Dengan demikian kurikulum yang diterapkan di sekolah ABK tersebut harus sesuai dengan  pembelajaran, interaksi, serta penilaian pembelajaran akan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Inilah nilai karakter yang sebenarnya, yaitu pembelajaran yang menghargai peserta didik.


Keywords


Pendidikan Karakter; Inklusi; ABK

Full Text:

PDF

References


Agus, W. (2012). Pendidikan karakter strategi membangun karakter bangsa berperadaban,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyanto. (2005). Pengantar pendidikan inklusif berbasis budaya lokal, Jakarta: Depdiknas.

Dedy, K. (2013). Manajemen pendidikan inklusif: kiat sukses mengelola pendidikan inklusif di sekolah umum dan kejuruan, Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Doni, K. A. (2010). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo.

Hargio, S. (2012). Cara memahami dan mendidik anak berkebutuhan khusus, Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Kemendiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, h. 14-15.

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab, Penerjemah: Juma Abdu Wamanungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Mumpuniarti. (2012). Pembelajaran nilai keberagaman dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 248-257.

Muchlas, S., & Hariyanto. (2013). Konsep dan model pendidikan karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novan, A. W. (2012). Manajemen pendidikan karakter: konsep dan implementasinya di sekolah, Yogyakarta: Pedagogia.

Novan, A. W. (2013). Konsep praktik dan strategi membumikan pendidikan karakter di sekolah dasar, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.