Urgensi keterampilan literasi kritis pada guru sekolah dasar

Galuh Mei Yustiwa, Dewi Tryanasari, Dian Permatasari Kusuma Dayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi keterampilan literasi kritis pada guru sekolah dasar. Tuntutan keterampilan abad 21 yang harus dikuasai dan pembelajaran di sekolah yang belum mampu menumbuhkan keterampilan atau kompetensi yang dibutuhkan menjadi dasar utama literasi harus dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur sistematis. Review ini diawali dengan pertanyaan penelitian “Apa pentingnya keterampilan literasi kritis pada guru sekolah dasar”. Penelusuran artikel melalui Google Scholar, Research Gate, Sci-Hup, Search Mendelay dengan kata kunci yang digunakan Keterampilan literasi kritis. Hal ini bertujuan untuk kemutakhiran hasil riset dan keterbaruan pengambilan database. Berdasarkan hasil studi literature review yang didapatkan dari 6 artikel ditemukan mengapa keterampilan literasi kritis pada guru SD penting. Pentingnya literasi kritis pada guru sekolah dasar berdasarkan literature review ini adalah kemampuan mengembangkan serta memecahkan masalah dan keterampilan berpikir melalui pertanyaan terkait dengan: hubungan sebab akibat, perspektif atau sudut pandang, bukti-bukti, kemungkinan, dan debat.Berdasarkan Studi literature review ini, maka secara teoritis berlandaskan bukti ilmiah perlu di terapkan keterampilan literasi kritis pada guru sekolah dasar agar menciptakan siswa yang berkarakter dan mampu memecahkan masalah.


Keywords


Keterampilan literasi kritis; sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Farida, N. (2018). Kemampuan Literasi Kritis Pada Net Generation Pengguna Instagram. Universitas Airlangga, 1–17.

Gustine, G. G. (2018). A Survey on Critical Literacy As a Pedagogical Approach. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(3), 531–537.

Hendriani, A. (2018). Pedagogik Literasi Kritis ; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Pedagogia, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10811

Kalantzis, M., Cope, B., & Policy, E. (2012). Literacies. Cambridge University Press.

Majid, M. S. (2014). Analisis Tingkat Pendidikan Dan Dan Kemiskinan di Aceh. July 2014.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Putri, N. A. P. (2021). Keterampilan Guru Sd Kristen “X” Surabaya Dalam Menolong Murid Sd Belajar Di Kelas Berdasarkan Pendidikan Kristen. Aletheia Christian Educators Journal, 2(2), 171–178. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.2.171-178

Ramadhani, F., Devianti, R., & Hibowo, H. P. (2017). Pedagogik kritis pada guru di sekolah dasar. Jurnal Filsafat, 239–251. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/34

Rengganis, I., Ibrahim, T., Darmayanti, M., Juwita, W. M., & Indonesia, U. P. (2019). Menggugat Fenomena Eksploitasi Ikan Hiu Dengan Pendekatan Literasi Kritis Di Sekolah Dasar. 11(1), 75–85.

Ritchi, H., & Saputro, V. S. (2020). Tinjauan Literatur Sistematis: untuk Bisnis dan Sosial dengan Aplikasi MAQXDA. Tinjauan Literatur Sistematis, April, 1–108. http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/200328

Rombot, O. (2020). Keterampilan Mengajar. 1.

Sarasati, R. (2020). Analisis wacana kritis dalam pembelajaran: Peran AWK pada pembelajaran literasi kritis, berpikir kritis, dan kesadaran berbahasa kritis. Humanika, 19(1), 20–29. https://doi.org/10.21831/hum.v19i1.30156

Siregar, S., & Unimed, M. (2018). Peran Literasi Kritis Dalam Megembangkan Kecerdasan Moral. Lembaga Penelitian Dan …. http://lp2m.umnaw.ac.id/file_data/file/1. solin.pdf#page=125

Susanto, R., Febrianti, N., Husna, N. I., Putri, A. A., & Umri, C. A. (2018). Gerakan Literasi Pedagogik Bagi Guru Untuk Gerakan Literasi Pedagogik Bagi Guru Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sdn Duri Kepa 17 Pagi Dan Sdn. Jurnal Abdimas, March 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.