Implementasi pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode sq3r

Sri Asrini, Dewi Tryanasari

Abstract


Membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Kemampuan membaca menjadi hal yang sangat penting dalam suatu masyarakat sebab melalui membaca dapat diserap berbagai informasi dan wawasan pengetahuan untuk mengembangkan peradaban masyarakat tersebut. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman ini menjadi masalah yang serius di tingkat SD sampai SMA. Masih rendahnya tingkat kemampuan membaca pemahaman tersebut, diantaranya dalam hal; memahami ide paragraf, membaca grafik, memahami hubungan antar fakta, hubungan logika linguistik, dan menemukan ide bacaan

Keywords


metode sq3r

Full Text:

PDF

References


Kisyani Laksono, Kisyani, Lilis Siti Sulistyaningsih, dkk 2014. Membaca 2. Tangerang Selatan: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Rahim, Farida, Dr. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Samsiyah, Nur. 2019. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Madiun. Ae. Media Grafika.

Sugiono, Dr. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Surakhmad, Winarno. 2003. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.