Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita matematika (studi kasus di SDN 1 Munggu)

Yesi Purwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV SDN 1 Munggu dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas IV SDN 1 Munggu melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 8 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumen dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IV SDN 1 Munggu dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan prosedur Newman ada 4 jenis yakni kesalahan memahami soal (comprehension errors), kesalahan transformasi proses (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skill errors) dan kesalahan menuliskan jawaban akhir (encoding errors). Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas IV SDN 1 Munggu dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar yaitu karena faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar.


Keywords


Analisis kesalahan prosedur Newman; soal cerita

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 35-44.

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Meleong, J. Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Yin, Robert. (2013). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.