Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca

Ratna Sari, Sri Lestari, Melik Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak delapan orang. Informan tersebut adalah Guru, Pustakawan, wali kelas V, Peserta didik di SDN 02 Pandean Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program gerakan literasi sekolah di SDN 02 Pandean Madiun dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, tahap pembelajaran. Pada tahap pembiasaan yang dilakukan yaitu kegiatan membaca selama 15 menit buku non-pelajaran yang disebut dengan kegiatan Dopari atau akronim dari Dongeng di Pagi Hari yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Selasa dan Kamis sebelum pelajaran dimulai dan dengan penataan lingkungan kaya teks. Pada tahap pengembangan yang dilakukan yaitu mengembangkan budaya membaca siswa melalui kegiatan menanggapi cerita yang dibacakan saat kegiatan dopari. Tahap pembelajaran yang dilakukan yaitu pemanfaatan buku pengayaan dalam pelajaran yang disertai dengan hasil karya siswa.

Keywords


Gerakan Literasi Sekolah; Minat Baca; SDN 02 Pandean Madiun

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Saleh, "Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Menulis Masyarakat", Makalah disampaikan pada acara Semiloka PeningkatanBudaya Gemar Membaca di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, 22 Juni 2006.

Ali Rohmad, Kapita Selekta Pendidikan. (Yogyakarta: TERAS, 2009), hal. 283.

Alwasilah, A.Chaedar.2012.Pokoknya RekayasaLiterasi.Bandung: PT Kiblat Buku Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.