Analisis implementasi scientific approach kelas V sekolah dasar

Ady Fatchu Rahmadi, Sri Lestari, Ivayuni Listiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis scientific approach dan penerapan pembelajaran berbasis scientific approach pada peserta didik. Pendekatan penelitia yang digunakan adalah pendekatan deskritif kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V. Teknik dan instrument pengumpulan data antara lain dokumentasi, wawancara, observasi, tes. Validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data sumber dan data tes. Hasil penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (1) Perencanaan implementasi pembelajaran dengan scientific approach tema 4 peserta didik kelas V sekolah dasar sudah terencana dengna baik, dibuktikan dengan pendidik merencang pembuatan rencana pembelajaran dan menyiapkan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran dengan scientific approach tema 4 peserta didik kelas V sekolah dasar sudah terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan peserta didik sudah melakukan langkah-langkah pembelajaran dengan scientific approach. (3) Evaluasi implementasi pembelajaran dengan scientific approach tema 4 peserta didik kelas V sekolah dasar dilaksanakan dengan melalui pengamatan perubahan tingkah laku dan respon peserta didik. hasil dari evaluasi peserta didik melakukan tembelajaran sengan baik dan nilai peserta didik diatas rata-rata.

Keywords


scientific approach; pembelajaran; implementasi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wahyuni, D. E., & Arief, A. (2015). Implementasi pembelajaran scientific approach dengan soal higher order thinking skill pada materi alat-alat optik kelas X di SMA Nahdlatul Ulama’1 Gresik. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3).

Nurdyansyah, N. (2015). Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti–Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare. Halaqa, 14(1), 13-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.