Efektivitas penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa SD

Hani Purwatiningsih, Sri Lestari, Melik Budiarti

Abstract


Media scrapbook adalah media pembelajaran berbentuk buku yang berisi keterangan atau penjelasan terkait materi yang disajikan dengan gambar disertai hiasan agar dapat menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu menggunakan siswa kelas VA SDN 02 Pangongangan yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar tematik pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan metode Liliefors. Dari hasil analisis data menggunakan metode Liliefors diperoleh nilai Lhitung pada pre-test = 0,1479 < Ltabel = 0,176 dan Lhitung pada post-test = 0,1722 < Ltabel = 0,176. Hasil analisis uji homogenitas menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 1,1448 < Ftabel = 1,98. Pada uji hipotesis digunakan dengan rumus uji-t, hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 5,5569 > ttabel = 2,074. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa SD lebih efektif dari model pembelajaran konvensional.


Keywords


Scrapbook; pembelajaran tematik; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Angkowo, R. & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret Universitiy Press.

Damayanti, M. & Ulhaq Z. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 5, No. 3, pp. 803-812.

Muklis, M. 2012. Pembelajaran Tematik. Jurnal Fenomena, Vol. IV No. 1, pp. 63-76.

Sari, D. L. K & Mintohari. (2018). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. JPGSD. Vol. 6, No. 5, pp. 693-702.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.