Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal matematika

Hamdan Muh Rizza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mendeskripsikan tentang bagaimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Klumpit dalam mengerjakan soal matematika materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klumpit yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji tes dan wawancara. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa soal tes uraian yang berjumlah 3 butir. Hasil pekerjaan siswa diperiksa dan dikelompokkan menjadi 4 kelompok, yaitu TBK 1, TBK 2, TBK 3, dan TBK 4. Selanjutnya dilakukan wawancara terhadap 4 siswa mengenai hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal uraian materi bangun datar menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi (TBK 3) ada 40,48% siswa, siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang sedang (TBK 2 ada 28,57%, TBK 1 ada 26,19% siswa) dan  siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah (TBK 0) ada 4,76 % siswa.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Tingkat Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Bell, R., & Loon, M. (2015). The impact of critical thinking disposition on learning using business simulations. The International Journal of Management Education, 13(2), 119-127

Fatmawati, Harlinda., Mardiyana., & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 899-910

Hasanah, Uswatun. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTs N 6 Sleman. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta

Kholifah. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir KritisMatematis pada Siswa SMP Kelas IX. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Mudhakir. Slamet. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Guided Discovery Siswa Kelas VII E SMP N 1 Cilongok Banyumas. Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto

Na’imah, Ro,atun. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Program Linear Kelas XI MIA 1 MAN 3 Blitar. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tulungagung

Nuraida, Dede. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan Vol. 4 No. 1 , p-ISSN: 2527-3191; e-ISSN: 2622-9927

Oktavia, Afni. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VB SD Negeri 2 Sukajawa Bandar Lampung. Skripsi Universitas Lampung. Bandar Lampung

Setiawan, Joko., & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika EDU-MAT Vol.1 No.1, 1-9

Su, H. F. H., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190-200

Sulistiani, Eny., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Semarang

Zulfa, Isna Amalia. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII Berdasarkan Implementasi pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Strategi Talking Stick. SkripsiUniversitas Negeri Semarang. Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.