Analisis pendidikan karakter disiplin siswa melalui kegiatan pembiasaan di SD Negeri Banjarejo

Feris Arik Astriani, Sri Lestari, Melik Budiarti

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan di SD Negeri Banjarejo. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pendidikan karakter disiplin siswa melalui kegiatan pembiasaan di sekolah sehingga dengan adanya karakter disiplin tersebut akan lebih mendisiplinkan siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek yaitu siswa kelas IV SD Negeri Banjarejo. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, danĀ  wawancara. Dalam teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode. Dari hasil penelitian, bisa di simpulkan bahwa sebagian siswa kelas IV di SD Negeri Banjarejo sudah mampu disiplin di lihat dari ketiga aspek yaitu aspek disiplin siswa di lingkungan keluarga, aspek disiplin di lingkungan sekolah, dan aspek disiplin siswa di lingkungan pergaulan.

Keywords


Karakter Disiplin; Pembiasaan

Full Text:

PDF

References


Lickona, 2017. Pengertian Pendidikan Karakter. http//:www.BelajarPsikologi.com. diunggah. Diunduh 24 Mei 2016

Lickona, Thomas. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad, S., Kristiawan, M., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.Iqra (Educational Journal), 2(2), 403-432.

Iqbal, Muhammad Abu. (2013). Konsep Pemikiran Al Ghazali Tentang Pendidikan. Jawa Timur.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.