Implementasi Model CTL Pada Pembelajaran Tematik

Tri Wulandari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model CTL (Contextual Teaching Learning) Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Patihan Kota Madiun. Peneliti mengacu pada impelemntasi model CTL (Contextual Teaching Learning) untuk meneliti penerapan model yang diterapkan guru kepada siswa saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang diteliti. Data yang terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan tobservasi. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi model pada siswa kelas V SDNĀ  Patihan Kota Madiun. Hasil penelitian ini terdapat kemajuan belajar siswa dan nilai siswa sdah cukup bagus dalam proses pembelajaran di kelas dengan diterapkanya model CTL (Contextual Teaching Learning), berdasarkan data yang dipaparkan membuktikan bahwa pada tahap evaluasi nilai siswa cukup bagus

Keywords


Model CTL (Contextual Teaching Learning); Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Al-Thabani Badar Ibnu Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Kencana.

Diputra S.K. Oktober 2016. Jurnal Pendidikan Indonesia. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . Vol. 5, No. 2

Hasibuan Idrus, Januari 2014. Jurnal Logaritma. Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning). Vol. II, No.01

Hasibuan Idrus, Januari 2014. Jurnal Logaritma. Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning). Vol. II, No.01

Hidayah Nurul. Juni 2015. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar . Volume 2 Nomor 1

Ibrahim Malik. Juni 2018. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan. Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Volume 16, No. 1

Indriasih Aini. September 2015. Jurnal Pendidikan. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD. Volume 16, Nomor 2

Johnson Elaine. Maret 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung. Penerbit MLC

Mulyani Sri, dkk. 2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Lab Riil dan Virtuil Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 1 Pulokulon Tahun Pelajaran 2013/2014. Vol. 4 No. 1 Hal. 120-126

Nasihin Husna. November 2017. Pendidikan Akhlak Kontekstual. Semarang. CV. Pilar Nusantara.

Rohaeti Eli & Muhajir Siti. Desember 2015. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains. Perbedaan Penerapan Model STS dan CTL Terhadap Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. No. 2

Sugiyono. Desember 2018. Metode penelitian kualitatif. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. Oktober 2018. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Syaifuddin Mohammad. Desember 2017. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Vol2/2.

Utari Unga, dkk. April 2016. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Vol 1. No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.