Implementasi program full day school di SDN 01 Tawangrejo Kota Madiun

Ayu Melani Putri Priastutin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi full day school di SDN 01 Tawangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil bahwa: 1) Perencanaan program full day school yaitu mulai dari latar belakang diadakannya kemudian tujuan diadakannya full day school kurikulum yang digunakan serta jadwal kegiatan yang akan dilakukan. 2) Pelaksanaan program full day school yaitu pelaksanaan telah sesuai dengan permendikbud No 23 Tahun 2017 yaitu dilaksanakan selama sehari penuh selama lima hari dalam 1 minggu. anak-anak berada disekolah mulai dari pukul 07.00-15.00 anak-anak berada di sekolah dengan berbahgai macam kegiatan baik akademik maupun nonakademik selain itu dalam pelaksanaan guru juga menggunakan strategi dan motode serta media yang menyenangkan. 3)  Evaluasi program full day school yaitu menggunakan metode CIPP ada evaluasi perencanaan dan evaluasi pelaksanaan dan semuanya terlaksana dengan baik.


Keywords


implementasi; full day school

Full Text:

PDF

References


Asmani, M. J. (2017). Full Day School: Konsep Manajemen & Quality Control . Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Astuti, M. Implementasi Program Full day School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang . Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (02), 133-140

Danil, M. (2018). Implementation of Full Day School in Sabbihisma Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 86–92.

Handani, & Wahyono. (2018). Pembelajaran Program Full Day School di SD Muhammadiyah Gunungpring. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 6 (2), 151–159.

Hawi, A. (2015). Sistem Full day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzuiddin Palembang . Instinbath/No. 16/Th. XIV, 71–87.

Niam, Z. W. (2019). Membina Karakter Anak Melalui Program Full Day School Berbasis Nilai-Nilai Kepesantrenan (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1), 19-34.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 23Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah.

Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.