Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 01 Tawangrejo Kota Madiun

Luluk Ardina Ayuningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi program GLS yang ada di SDN 01 Tawangrejo. Fokus penelitian ini pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi GLS. Pendekatan penelitian ini deskriptif studi kasus dengan pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitan adalah (1) Dalam perencanaan program GLS sudah ada latar belakang, tujuan dan jadwal GLS di SDN 01 Tawangrejo. (2) Pelaksanaan program GLS di SDN 01 Tawangrejo Kota Madiun sudah baik sudah berjalan sesuai jadwal dan kegiatannyapun juga sudah berjalan sesuai yang di tentukan dalam perencanaan GLS. Siswa SDN 01 Tawangrejo juga sangat berpartisipasi aktif dalam kegiatan literasi sehingga kegiatan literasi ini dapat meningkatkan minat membaca siswa baik membaca buku pelajaran maupun membaca di perpustakaan jadi kegiatan GLS  sangat berdampak positif bagi siswa. (3) Evaluasi Evaluasi  program GLS di SDN 01 Tawangrejo Kota Madiun. Pada aspek evaluasi perencanaan dalam kaitannya kesesuaian dengan latar belakang, tujuan, dan jadwal sudah sesuai perencanaan. Pada aspek pelaksanaan dalam kaitannya dengan jadwal kegiatan sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang sudah dirancang selain itu menata sarana dan lingkungan kaya literasi. Dengan adanya kegiatan GLS ini siswa menjadi lebih rajin dalam membaca baik membaca di perpustakaan maupun membaca buku pelajaran mereka.


Full Text:

PDF

References


Asniar., La Ode., Dodi.P.S., (2020) Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa. 9-16.

Asif Alfarikh. (2017). Menumbuhkan Budaya Literasi di Kalangan Pelajar. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 959–967.

Dewi, T., Septi, A., & Winda. A. (2017) Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. 174

Faizah, D. U., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, M.D., Wibowo,A., & Anggraini, D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. 1

Pangesti Wiedarti, dkk., (2016) Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171.

Sri Wahyuni. (2009). Menumbuhkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. 179-189.

Triatma, I. N. (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.