Penilaian unjuk kerja dengan menggunakan model reciprocal teaching pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 03 Madiun Lor

Rinda Dwi Nuryana, Sri Budyartati, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Artikel ini membahas tentang penilaian unjuk kerja dengan menggunakan model reciprocal teaching pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 03 Madiun Lor. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  dan mengetahui penilaian unjuk kerja dengan menggunakan model reciprocal teaching pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 03 Madiun Lor. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah peserta didik 32 dan diambil 6 peserta didik. penelitian ini dilakukan dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu narasumber yaitu guru dan beberapa siswa kelas IV, sedangkan sumber data sekunder yaitu jumlah data peserta didik, RPP, angket, dan data-data yang dapat mendukung pelaksanaan penelitian. Analisis data dari penelitian ini yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan RPP dan peserta didik sangat antusias ketika proses pembelajaran dengan menggunakan model reciprocal teaching pada pembelajaran tematik. Model reciprocal teaching dapat memberikan dampak positif terhadap peserta didik karena dapat melatih keberanian, percaya diri dan dapat mengemukakan pendapat di depan kelas walaupun ada beberapa peserta didik malu ketika menyampaikan materi di depan kelas. Adanya penilaian unjuk kerja dapat mengetahui kinerja dari setiap peserta didik pada saat melakukan diskusi kelompok

Keywords


Penilaian Unjuk Kerja; Model Reciprocal Teaching; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Ain, N., & Kurniawati, M. (2013). Implementasi kurikulum KTSP: Pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(2).

Adiwijaya, H., Suarsini, E., & Lukiati, B. (2016). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2379-2387.

Ayu, S. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran.

Huda, M., Susilo, H., & Sa’dijah, C. (2017, June). Keterampilan berpikir kritis dalam penerapan reciprocal teaching. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2013). Pengaruh Penilaian Unjuk Kerja terhadap Sikap Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Criksetra, 3(4), 23-28.

Ketong, S., Burhanuddin, B., & Asri, W. K. (2018). Keefektifan model pembelajaran reciprocal teaching dalam kemampuan membaca memahami siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(1).

Lestari, P. B., & Widyaningrum, D. A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pair Share (RTPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Matakuliah Mikrobologi Mahasiswa IKIP Budi Utomo. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 528-535).

Lubis, M. A. (2019). Pembelajaran Tematik di SD/MI: Pengembangan Kurikulum 2013.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sarjono, S. Penilaian Unjuk Kerja dalam Praktikum Fisika. Madaniyah, 5(1), 195077.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitafif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bnadung. Alfabeta.

Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2017). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44.

Yulvinamaesari, Y., Helmi, H., & Khaeruddin, K. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Strategi Reciprocal Teaching (Pembelajaran Timbal-Balik) pada SISWA kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Dinamika, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.