Pelaksanaan pembelajaran tematik dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada kelas v sekolah dasar

Shella Ardita Saraswati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada pembelajaran tematik siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualtitatif deskriptif. Peneliti mengacu pada implementasi model kooperatif tipe Example Non Example untuk meneliti penerapan model yang diterapkan guru kepada siswa saat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan juga wawancara. Data yang terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example cocok digunakan dalam proses pelaksanaan pembelajaran tematik khususnya kelas V SDN 02 Klegen Madiun. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil yang lebih baik dari proses pembelajaran yaitu dengan siswa menjadi lebih aktif dan lebih termotivasi dalam pelaksanaannya. Siswa dapat lebih mudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru karena pembelajaran dilakukan dengan cara berkelompok.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Astriani R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Rxample Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Ngesrep 01. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 91-99.

Diputra K.S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 125-133.

Fauziah T & Bermawi Y. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Materi Peninggalan Sejarah di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 79-87.

Habibah S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3, 54-64.

Kadir A & Asrorah H. (2014).Pembelajaran Tematik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Listiawan F & Johan A.B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98-106.

Listiyani L. R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Refleksi Kelompok pada Materi Redoks. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 2(1), 59-65.

Nurliani N, Subarjah H, Sujana A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 981-990.

Prastowo A. (2017). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Kencana.

Rahmaniati R, Supardi, Malik A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Media Video pada SDN 8 Langkai Palangkaraya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 32-36.

Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wardika, Sulastri, Dibia. (2014). Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kls V di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10.

Yasir M. (2015). Model Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Biotik, 3(2), 138-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.