Analisis penerapan model make a match berbasis etnomatematika dalam materi geometri kelas iv sdn patihan kota madiun

Dinna Putri Fransisca, Naniek Kusumawati, Maya Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model make a match berbasis etnomatematika dalam materi geometri Kelas IV SDN Patihan. Penelitian ini berfokus pada perencaanaan, pelaksanaan, dan kendala dalam pembelajaran tersebut. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2019/2020 di SDN Patihan di kelas IVA dengan jumlah 8 orang siswa 4 perempuan dan 4 laki – laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat pelaksanaan penerapan model pembelajaran yang kegiatannya berisi mereview siswa, pembagaian kartu kepada siswa, mencari pasangan kartu dan memberi kesimpulan. Wawancara dilakukan pada saat membuat perencanaan dan kendala yang terjadi saat penerapan pembelajaran. Hasil pelaksanaan dari penerapan model make a match berbasis etnomatematika berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan adanya peningkatan hasil belajar geometri siswa mencapai nilai rata-rata siswa 85,5 dari KKM 75. Dalam pelaksanaanya siswa dapat mengenal budaya melalui matematika, sehingga membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan sesuai dengan sintaks pembelajaran.

Keywords


Model Make a Match; Etnomatematika; Geometri

Full Text:

PDF

References


Naila Milaturrahmah, Jazim Ahmad, S. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 786–795. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Rachmawati, F., & Fitria, K. N. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika untuk menumbuhkan karakter nasionalisme pada generasi z 4.0. (November), 140–144.

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Almaata.Ac.Id, 7(2), 118–125.

Rusman. (2011). Model - Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

S. Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Saleh, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikamateri Pokok Spldv Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Education and Development, 6(1), 20.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualtatif. Bandung: Alfabeta.

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. ∑Igma, 2(2), 35–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.