Analisis penerapan model teams games tournament disertai media permainan jenga pada materi volume bangun ruang kelas V SDN Patihan Kota Madiun

Della Putri Fransisca, Naniek Kusumawati, Maya Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini didasari latar belakang masalah yaitu guru masih menggunakan metod klasikal dalam pembelajaran dan tidak menggunakan model dan media pembelajaran yang mendukung motivasi belajar siswa, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencaan, pelaksanaan, dan hambatan atau kendala dari penerapan model pembelajaran teams games tournament disertai media permainan jenga pada pembelajaran matematika kelas V SDN Patihan. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2019/2020 di SDN jumlah keseluruhan terdapat 10 orang. Penelitian dilakukan dengan tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat penerapan model pembelajaran yang kegiatannya berisi penyajian kelas, pembentukan kelompok (team), turnamen dan penghargaan kelompok. Wawancara dilakukan pada saat melakukan perencanaan, hasil penerapan dan mengenai hambatan/kesulitan pada saat penerapan model tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan format, bahasa, dan isi RPP. Pelaksanaan dari model pembelajaran teams games tournament dan penggunaan media jenga berjalan dengan baik dan sesuai dengan sintaks model pembelajaran. Dan hambatan/kesulitan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah durasi waktu yang digunakan dalam penerapan model dan media tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang ditetapkan.


Keywords


Teams Games Tournament; Permainan Jenga

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Ananda, R. (2019). Dr. Rusydi Ananda, M.Pd (1st ed.; Amiruddin, ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia(LPPPI).

Astari, E., & Witri, G. (2015). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 105 Pekanbaru Penerapan Model Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(2), 1–9.

Ervianna, R., Sari, K., Hadi, D. S., Si, M., Prishardoyo, D. B., & Si, M. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament ( Materi Permintaan , Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar ). Econnalomic Education Analysis Jour, 1(1).

Gultom, J. J. (2012). Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–13.

Ismail, A. K., & Hendikawati, P. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Group Tournament ( Tgt ) Dengan Menggunakan Media “ 3 In 1 ” Dalam Pembelajaran Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2252), 25–32.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Sholihah, D. A. U. (2017). Pengaruh Penggunaan Permainan Jenga dan Reinforcement terhadap Kemampuan Pelafalan Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI APK 2 SMK PGRI 13 Surabaya. Mandarin Unesa, 2(2), 1–7.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 1(1), 45–53.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.